Perbandingan Motivasi dan Hasil Belajar Materi Biologi di Full Day School Kurikulum Nasional dan Terpadu

Eka Silviya Fitri, Suharsono Suharsono, Diana Hernawati

Abstract


Penelitian ini membahas tentang motivasi dan hasil belajar peserta didik di dua sekolah yang berbeda dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi semester genap antara SMA full day school kurikulum nasional dan sekolah  terpadu. Penelitian ini dilakukan di SMAN 9 dan SMA Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 dengan populasinya adalah seluruh kelas XI MIPA  yang terdiri atas 4 kelas dengan  jumlah 131 peserta didik di SMAN 9 dan 153peserta didik di SMA Al-Muttaqin  dan sampel diambil dari kelas XI di masing-masing sekolah, yakni 30 peserta didik kelas XI dari SMAN 9 dan 30 peserta didik kelas XI dari SMA Al-Muttaqin  yang  diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar diambil dari skor semester genap yang diperoleh dari guru biologi dan motivasi belajar diambil dengan menggunakan instrumen berupa angket. Hasil penelitan disimpulkan terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar peserta didik di SMA full day school kurikulum nasional dan terpadu. Hasil uji hipotesis (two way anova) diketahui bahwa interaksi sekolah*variabel < taraf signifikasi yaitu 0,024<0,05 , dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000.


Keywords


Full Day School; Kurikulum Nasional; Kurikulum Terpadu; Motivasi; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelittian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asyhar, P. S. (2015). Pelaksanaan Full Day School Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Huda Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik. Jurnal Studi Keislaman Volume 1 , 1-21.

Campbell, A. d. (2010). Biologi Edidi 8 Jilid 3 Neil. Jakarta: Erlangga.

Creswell, J. W. (2012). Research Design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depiyanti, O. M. (2012). Model Pendidikan Karakter di Islamic Full Day School. jurnal tarbawi vol . 1 no. 3 September 2012 , 221-233.

Fernandez, G. J. (2017). Sistem pernapasan. kepaniteran klinik madya penyakit dalam .

Fraenkel, Jack R. And Norman E. Wallen. (2009). How to Design and Evaluate Research in Education. New York. McGraw-Hill Companies.

Hamalik, o. (2001). Proses belajar mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hasan, N. (2006). Full Day School . Tadrîs Volume 1. Nomor 1. 2006 , 110-118.

Imam Muqoyadi, A. A. (2019). Implementasi Perpaduan Kurikulum Tahfidzul Qur’an Dan Kurikulum Formal Pada Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Ibnu Abbas Klaten Jawa Tengah. Jurnal Studi Islam, Vol. 20, No. 2 , 1-11.

Kadek Irayasa1, I. A. (2018). Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Sistem Full Day School Dengan Sistem Reguler Pada Mata Pelajaran IPA . Jurnal Nalar Pendidikan Volume 6, Nomor 2, Jul-Des 2018 , 79-85.

Keller, J. (2006). Development of Two Measures of Learner Motivation. John Keller , 1-9.

Mukromah, D. S. (2017). studi komparasi prestasi beljar mata pelajaran ips pada sekolah Full Day School dan rgular. skripsi , 62-65.

Nizar, s. (2001). Pengantar dasar-dasar pemikiran pendidikan islam. Jakarta: Gaya MediaPratama.

Pearce, E. C. (2013). Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta: Prima Grafika.

Rahim, A. (2018). Full Day School dalam tinjauan Psikologi, Sosiologi, dan Ekonomi Pendidikan . Jurnal At-Ta’dib Vol. 13. No 2, December 2018 , 104-114.

Rizky, A. A. (2015). Problematika Pembelajaran System Full Day School Siswa Kelas 1 Sdit Al-Irsyad Tegal. skripsi , 1-68.

Sardiman. (2016). interaksi dan motivasi belajar mengajar. jakarta: raja grafindo persada.

Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian. Depok: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharsono, p. m. (2015). Biologi umum. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Sulistyowati, E. (2016). Buku Biologi SMA kelas XI. klaten: Intan Pariwara.

Syaiful. (2018). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Terpadu Di Sekolah Menengah Atas Pesantren Al-In’am Banjar Timur Gapura Sumenep . Volume 06, Nomor 01 , 03.

Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).

Uno, h. b. (2017). teori motivasi dan pengukurannya. jakarta: bumi angkasa.

Wicaksono, A. G. (2017). Fenomena Full Day School Dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Jurnal Komunikasi Pendidikan, vol. 1 (1) 2017, p: 10-18 , 10-18.




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v3i2.3001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan

License URL: http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/metaedukasi


©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Jurnal ini terindeks oleh: