Pengembangan Insturmen Miskonsepsi One Tier Ke Four Tier Diagnostic Test Pada Materi Tata Surya Siswa SMP

Anna Mepti Febria, Maison Maison, Astalini Astalini

Abstract


Pengembangan instrument yang digunakan untuk mengukur miskonsepsi bermacam-macam, beberapa instrumennya yaitu two-tier, three-tier, dan four tier. Dari beberapa instrument tersebut four-tier memiliki kemampuan menganalisa yang lebih akurat dikarenakan tes yang dilakukan sebanyak empat tingkat, yaitu: soal disertai jawaban berbentuk pilihan ganda, keyakinan terhadap jawaban, alasan memilih jawaban, keyakinan terhadap alasan. Peneliti tertarik melakukan pengembangan instrumen miskonsepsi jenis four-tier dan pada materi tata surya hal ini dikarenakan belum ada instumen pengukuran miskonsepsi berjenis four-tier pada materi tata surya. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model pengembangan 4D (four D model) oleh Thiagarajan, Dorothy, dan Melvyn. Sample yang peneliti dapatkan  adalah sebanyak 50 siswa dimana 28 siswa dari dari SMPN 11 Batang Hari dan 22 siswa dari SMPN 3 Batanghari. Hasil penelitian ini adalah terdapat miskonsepsi yang di alami siswa kelas VIII SMPN 3 Batang Hari dan SMPN 11 Batang Hari, hal ini terlihat dari uji coba kelompok kecil pada pengembangan instrument miskonsepsi jenis four tier

Keywords


Miskonsepsi; One-Tier Diagnostic Test; Four Tier Diagnostic Test; Tata Surya

Full Text:

PDF

References


Agustin, P. N., Lesmono, A. D., & Bachtiar, R. W. (2017). Pembelajaran Fisika Di SMA Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Stad ( Kajian : Di SMAN 1 Tapen Bondowoso ). Pembelajaran Fisika, 6(2), 201–207.

Ambarwati, D. R. (2011). Miskonsepsi pada materi kelistrikan, kemagnetan dan tata surya siswa SMP.

Astuti, T. P., Masykur, R., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tandur Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Penalaran Matematis Peserta Didik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 201. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1497

Aulia, S., Diana, N., & Yuberti. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Smp Pada Materi Fisika Analysis of Misconception of Junior High School. Indonesia Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), 155–161.

Fariyani, Q., Rusilowati, A., & Sugianto. (2015). Pengembangan Four-Tier Diagnostic Test Untuk Mengungkap Miskonsepsi Fisika Siswa Sma Kelas X. Journal of Innovative Science Education, 4(2), 41–49.

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas Ii Sekolah Dasar Budi. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32–44.

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. AdMathEdu, 5(1), 87–105.

Noviani, Y., Hartono, & Rusilowati, A. (2017). Analisis Pola Pikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sains Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Serta Literasi Sains. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 147–154.

Nurulwati, & Rahmadani, A. (2019). Perbandingan Hasil Diagnostik Miskonsepsi Menggunakan Threetier Dan Fourtier Diagnostic Test Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(2), 101–110. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14436

Rahayu, P., Hariyono, E., Fisika, J., & Surabaya, U. N. (2019). Inovasi Pendidikan Fisika ISSN : 2302-4496 Inovasi Pendidikan Fisika ISSN : 2302-4496. 08(02), 618–622.

Shalihah, A., Mulhayayiah, D., & Alatas, F. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Tes Diagnostik Threetier Pada Hukum Newton Dan Penerapannya. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics, 1(1), 34–39.

Widodo, W., Rachmardati, & Hidayati, S. N. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam (REVISI 201). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Anna Mepti Febria, Maison ., Astalini .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Jurnal ini terindeks oleh: