Analisis Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring Bagi Peserta Didik Mi/SD

Vivin Devi Prahesti, Ichsan - -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti gaya belajar siswa dalam pembelajaran daring pada peserta didik MI/SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas 3 MI Rudlotul Jannah berjumalah 164 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu kuesioner dan observasi. Kuesioner dilakukan untuk mengumpulkan data gaya belajar peserta didik,  sedangkan observasi dilakukan untuk mengumpulkan data pembelajaran daring pada kelas 3. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah uji statistik parametrik menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini adalah menganalisis gaya belajar siswa dalam pembelajaran daring yang mana dapat diketahui berbeda tiap anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik kelas 3 mulai beradaptasi dengan gaya belajar ketika pembelajaran daring, dan peserta didik memiliki gaya belajar visual dan kinestetik terhitung hampir 40%, sedangkan sisanya hampir 20% mereka memiliki gaya belajar auditori. Peserta didik memahami materi dan menikmati proses pembelajaran daring melalui gaya belajar mereka sendiri sehingga beberapa dari mereka merubah gaya belajar mereka ketika pembelajaran daring berlangsung, dan ini berhubungan pada proses pemahaman materi oleh peserta didik. Mereka akan lebih mengetahui gaya belajar mana yang membuat nyaman bagi mereka. Temuan penelitian ini bahwa peserta didik dapat memiliki lebih dari satu gaya belajar tergantung situasi dan kondisi sehingga membuat mereka nyaman dan fokus pada materi pembelajaran.


Keywords


Gaya Belajar, Pembelajaran Daring, Peserta Didik MI/SD

Full Text:

PDF

References


Adnan, M., & Anwar, K. (2020). Online Learning amid the COVID-19 Pandemic: Students’ Perspectives. Online Submission, 2(1), 45–51.

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70.

Cook, D. A., & Ellaway, R. H. (2015). Evaluating technology-enhanced learning: a comprehensive framework. Medical Teacher, 37(10), 961–970.

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas whatsapp sebagai media belajar daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783.

DePorter, B., & Hernacki, M. (2000). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (Bandung: Penerbit Kaifa).

Juliani, N. W., Murda, I. N., & Widiana, I. W. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2015/2016. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD V, 4(1), 1–12.

Mukhtar, K., Javed, K., Arooj, M., & Sethi, A. (2020). Advantages, Limitations and Recommendations for online learning during COVID-19 pandemic era. Pakistan Journal of Medical Sciences, 36(COVID19-S4), S27.

Nasution, S. (2000). Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar.

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan aktivitas belajar matematika melalui pendekatan problem based learning bagi siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241–250.

Safriyani, R., Wakhidah, E. W., & Supriyanto, C. (2021). Strategi Pembelajaran Daring Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid.

Suparno, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Suralaga, F. (n.d.). Psikologi Pendidikan: Implikasi dalam Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada.

Sutarto, S. (2017). Teori kognitif dan implikasinya dalam pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(2), 1–26.

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037

Wu, Z. (2020). How a top Chinese university is responding to coronavirus. World Economic Forum.

Zhong, R. (2020). The coronavirus exposes education’s digital divide. The New York Times, 18.




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v3i2.3971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats


Indexing by: