Analisis Kualitas Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Biologi pada Ujian Tengah Semester (UTS) Kelas XI

Nanta Mulia, Zulyusri Zulyusri, Violita Violita

Abstract


Kegiatan penilaian dalam suatu proses pembelajaran sangat penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah dipelajari. Kegiatan yang biasa dikenal dengan evaluasi. Evaluasi merupakan suatu proses yang dilaksanakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya melalui cara yang sistematis. Evaluasi dalam pelaksanaannya memerlukan istrumen yang berkualitas agar hasil yang didapat dapat mencapai yang telah ditentukan. Salah satu instrumen yang biasa digunakan adalah tes berupa soal pilihan ganda. Untuk mengetahui instrumen yang digunakan sudah baik atau belum, perlu dilakukan analisis terhadap butir-butir soal. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas dilihat dari aspek validitas, reliabelitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang mendeskripsikan peristiwa, gejala, fakta, kejadian baik yang sudah ataupun yang sedang terjadi. Analisis soal dilakukan dengan menggunakan program Anates 4.0.9. Hasil dari analisis soal menunjukkan validitas soal sebesar 36%, reliabelitas 0,39, tingkat kesukaran 80%, daya beda 68%, dan efektivitas pengecoh yang berfungsi adalah sebesar 44%.

Keywords


Analisis soal, Pilihan ganda, Biologi

Full Text:

PDF

References


A. C. de Souza, N. M. C. Alexandre, E. de B. Guirardello, A. C. de Souza, N. M. C. Alexandre, and E. de B. Guirardello. (2017). Psychometric properties in instruments evaluation of reliability and validity. Epidemiol. e Serviços Saúde. 26 (3), 649-659. https://doi.org/10.5123/s1679-49742017000300022

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran Penulis. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fietri, W.A, Zulyusri, Violita. (2021). Analisis Butir Soal Biologi Kelas XI Madrasah Aliyah Sakinah Kerinci Menggunakan Program Komputer Anates 4.0 For Windows. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA. 7 (1), 28-35. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/2329

Friatma, A., Syamsurizal, & Helendra. (2017). Analisis Kualitas Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri Wilayah Selatan Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2015/2016. Bioeducation Journal. 1 (2), 50-67. https://doi.org/10.24036/bioedu.v1i2.43

Haryanto. (2020). Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Yogyakarta: UNY Press.

Jusrianto, Abdul, Z., & Megawati. (2018). Analisis Kualitas Tes Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Pengetahuan Komputer. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 1 (1), 11-21. https://doi.org/10.30605/jsgp.1.1.2018.7

Lufri, L., dan Ardi, A. (2014). Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press.

Muluki, A. (2020). Analisis Kualitas Butir Tes Semester Ganjil Mata Pelajaran IPA Kelas IV Mi Radhiatul Adawiyah. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 4 (1), 86-95. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23335

Putri, R.H, & Ofianto. (2019). Efektivitas Analisis Butir Menggunakan Anajohn, Anates dan Iteman Studi Soal USBN Pelajaran Sejarah Kota Padang. Jurnal Mahasiswa Ilmu Sejarah dan Pendidikan. 1 (2), 1-11. https://doi.org/10.24036/jk.v1i2.7

Rahmani, M. (2015). Analisis Kualitas Butir Soal Buatan Guru Biologi Kelas X SMA Negeri 1 Tanah Pinoh. Skripsi. Pontianak, Universitas Tanjung Pura.

Ratnawulan, E., & Rusdiana, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Syafti, N.K., Darussyamsu, R., Selaras, G.H., dan Syamsurizal. (2019). Analyzed Quality Question Type Multiple Choices Questions (MCQ) of Final Exam Even Semester on Biology Course Class XI SMA Negeri Se-Kecamatan IV Jurai Academic Year 2017/2018. Atrium Pendidikan Biologi. 4(1), 200210. http://dx.doi.org/10.24036/apb.v4i1.5475

Syarif, E.A., dan Syamsurizal. (2019). Analyzed Quality of Senior High School Biology Olympiad Questions at West Sumatera, Riau, Jambi, and Bengkulu in 2018. Bioeducation Journal. 3(2), 142-150. https://doi.org/10.24036/bioedu.v3i2.194

Septiana, N. (2016). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Biologi Tahun Pelajaran 2015/2016 Kelas X Dan XI Pada MAN Sampit. EduSains. 4 (2), 115-121. https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/edusains/article/view/514

Subari, A, Lufri, Syamsurizal. (2021). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Biologi Kelas XI MAN 2 Kota Jambi. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi. 9 (1), 45-53. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/bioscientist/article/view/3612

Sudijono, A. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

UU No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.

Warju, Ariyanto, S.R, Soeryanto, Trisna, R.A. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Tipe Hots pada Kompetensi Sistem Rem Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 17 (1), 95-104. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22914

Zahiroh, U. & Ritonga, P.S. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Kimia pada Ujian Akhir Semester (UAS) Kelas XI MAN 2 Kepulauan Meranti. Journal Education and Chemistry. 3 (1), 11-20. https://doi.org/10.36378/jedchem.v3i1.780




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i1.4088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats


Indexing by: