Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Tengah Semester Mata Pelajaran Biologi Kelas X di MAN 1 Solok Selatan

Rizka Putri Alti, Zulyuri Zulyuri, Violita Violita

Abstract


Analisis butir soal adalah proses mengkaji kualitas soal pada setiap butirnya. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah soal yang digunakan dalam tes penilaian terhadap peserta didik sudah dapat mengukur sesuai dengan tujuan pembelajaran di sekolah atau belum. Pada penilitian ini dilakukan analisis terhadap Soal Ujian Tengah Semester Mata Pelajaran Biologi Kelas X di MAN 1 Solok Selatan terhadap validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian sebanyak 30 orang peserta didik kelas X MAN 1 Solok Selatan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui instrumen tes berupa soal-soal pilihan ganda ujian tengah semester sebanyak 25 butir soal, lembar jawaban peserta didik, dan kunci jawaban. Analisis data penelitian menggunakan Anates versi 4.0.9 yang dikembangkan oleh Drs. Karno, M.Pd dan Yusuf Wibisono, ST. Adapun hasil analisis kualitas butir soal dilihat dari tingkat validitas empiris diperoleh 5 soal dengan kategori signifikan, reliabilitas 0.37 (rendah), daya pembeda soal kategori dibuang (12%), jelek (28%), cukup (48%), baik (8%) dan baik sekali (4%), dari segi tingkat kesukaran soal sudah bervariasi, kategori Sangat Mudah (16%), Mudah (8%), Sedang (64%), Sukar (8%) dan Sangat Sukar (4%). Soal ujian tengah semester yang dikembangkan guru belum memenuhi kriteria alat evaluasi pembelajaran dan belum dapat digunakan untuk mengukur ketercapaian pembelajaran di sekolah karena tergolong belum baik.

Keywords


Analisis Kualitas Soal; Ujian Tengah Semester; Anates

Full Text:

PDF

References


Bulqis, A. (2019). Analisis butir soal pilihan ganda biasa ulangan tengah semester buatan guru Biologi kelas X SMA Negeri 3 Maros. PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 191–197. http://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/377/267

Damopolii, I. (2016). Analisis Butir Soal Ujian Tengah Semester Mata Kuliah Biologi Umum Di Universitas Papua. Prosiding, 2(1). http://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/382

Elviana, E. (2020). Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran PAI Menggunakan Program Anates. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(2), 209–224. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i2.7839

Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis kesukaran soal, daya pembeda dan fungsi distraktor. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64. DOI: https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.115

Fietri, W. A., Zulyusri, Z., & Violita, V. (2021). Analisis Butir Soal Biologi Kelas XI Madrasah Aliyah Sakinah Kerinci Menggunakan Program Komputer Anates 4.0 For Windows. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 7(1), 28–35. DOI: 10.15548/nsc.v7i1.2329

Haryanto, M. P. (2020). Evaluasi pembelajaran (konsep dan manajemen). UNY Press.

Ismail, M. I. (2022). Evaluasi Pembelajaran Konsep Dasar, Prinsip, Tetnik Dan Prosedur.

Muluki, A. (2020). Analisis kualitas butir tes semester ganjil mata pelajaran IPA Kelas IV MI Radhiatul Adawiyah. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 86–96. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23335

Putriani, D., Turahmah, F., Sunarti, N. R., Ismarliana, P., & Walid, A. (2020). Analisis Butir Soal UAS Biologi 2018/2019 Kelas X dan XI SMAN 11 Kota Bengkulu. Journal of Biology Learning, 2(1), 1–7. DOI: https://doi.org/10.32585/.v2i1.559

Rahmani, M., Ningsih, K., & Nurdini, A. (2015). Analisis Kualitas Butir Soal Buatan Guru Biologi Kelas X SMA Negeri 1 Tanah Pinoh. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(2). DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i2.8970

Retnawati, H. (2016). Validitas reliabilitas dan karakteristik butir. Yogyakarta: Parama Publishing.

Rukajat, A. (2018). Teknik evaluasi pembelajaran. Deepublish.

Sanusi, R. N. A., & Aziez, F. (2021). Analisis Butir Soal Tes Objektif dan Subjektif untuk Keterampilan Membaca Pemahaman pada Kelas VII SMP N 3 Kalibagor. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 8(1), 99–109. DOI: 10.30595/mtf.v8i1.8501

Septiana, N. (2016). Analisis butir soal ulangan akhir semester (UAS) biologi tahun pelajaran 2015/2016 kelas X dan XI pada MAN Sampit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 4(2). DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.514

Sitorus, J., & Masrayati. (2016). Students’ creative thinking process stages: Implementation of realistic mathematics education. Thinking Skills and Creativity, 22, 111–120. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.09.007

Solichin, M. (2017). Analisis daya beda soal, taraf kesukaran, validitas butir tes, interpretasi hasil tes dan validitas ramalan dalam evaluasi pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 2(2), 192–213. DOI: https://doi.org/10.26594/dirasat.v2i2.879

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Sunarmi, S., Prasetyo, T. I., & Ramadhiana, C. B. (2016). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal Biologi Kelas X dan XI Tahun Pelajaran 2016/2017 di Sman 1 Kampak Berdasarkan Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 27–31. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpb/article/view/2274

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1). DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764

Zulyusri, Z., Sumarmin, R., & Miswati, M. (2017). Pengembangan Soal Biologi Berbasis Literasi Sains untuk Siswa SMA Kelas X Semester 1. Bioeducation, 1(1), 88–94. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/bioeducation/article/view/7158




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i2.4089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rizka Putri Alti, Zulyuri Zulyuri, Violita Violita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

View Metaedukasi Stats


Jurnal ini terindeks oleh: