Identifikasi Miskonsepsi Five Tier Diagnostic Test Pada Materi Energi Dan Hukum Kekekalan Energi
Sri Wahyuni, Maison Maison, Muhammad Hidayat
Abstract
PenelitianÂ- ditujukan untuk mengetahui miskonsepsi yang sedang dialami siswa pada materi energi dan hukum kekekalan energi. Dalam penelitian ini digunakan instrumen five tier diagnostic test. Hal tersebut dikarenkan instrumen ini lebih baik dalam mengidentifikasi miskonsepsi siswa karena terdapat 5 tingkatan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa. Adapaun tingkatannya yaitu: jawaban soal, tingkat keyakinan terhadap jawaban, alasan jawaban, tingkat keyakinan terhadap alasan dan sumber informasi utama siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model 4D yaitu mulai tahap define, design, develop dan disseminate. Â Subjek uji coba dalam penelitian ini dilakukan terhadap 100 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat miskonsepsi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur terdadap materi Energi dan hukum kekekalan energi dengan presentase sebesar 20,2 %.
Keywords
Miskonsepsi; Five Tier Diagnostic Test; Energi dan Hukum; Kekekalan Energi
Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115 email: [email protected] e-ISSN: 2714-7851