Upaya Peningkatan Hasil Belajar Aktivitas Senam Lantai (neck spring) Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery Berbasis ICT dan TPACK

Wini Islamiati, Cucu Hidayat, Gumilar Mulya

Abstract


Pembelajaran aktivitas senam lantai guling lenting (neck spring) dalam pelaksanaannya belum berjalan efektif dan siswa merasa kesulitan dalam belajar. Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar aktivitas senam lantai guling lenting (neck spring) melalui model pembelajaran guided discovery pada siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Mangunreja Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan selama 2 siklus. Prosedur penelitian terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Mangunreja berjumlah 26 orang siswa (laki-laki 15 orang dan perempuan 11 orang). Objek penelitian ini adalah hasil belajar aktivitas senam lantai guling lenting (neck spring) melalui model pembelajaran guided discovery. Instrumen penelitian menerapkan tes observasi dan tes untuk kerja pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hasil belajar aktivitas senam lantai guling lenting (neck spring) siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Mangunreja pada siklus I persentase ketuntasan 62% dengan 16 siswa berada pada kategori tuntas dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase ketuntasan 81% dengan 21 siswa berada pada kategori tuntas dengan melebihi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 70. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar aktivitas senam lantai guling lenting (neck spring) siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Mangunreja.

Keywords


Guided discovery;Hasil belajar;ICT dan TPACK;Senam Lantai;(Neck Spring)

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi 2010. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mustafa, P. S., & Winarno, M. E. (2020). Pengembangan Buku Ajar Pengajaran Remedial Dalam Pendidikan Jasmani Untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Universitas Negeri Malang. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i1.7629

Narlan, Abdul., dan Juniar, D. T. (2020). Pengukuran dan Evaluasi Olahraga (Prosedur Pelaksanaan Tes dan Pengukuran dalam Olahraga Pendidikan dan Prestasi) (Cetakan Pe). Deepublish Publisher.

Salameh & Khawaldeh. (2014). Penggunaan Teknologi. Penggunaan Teknologi, 7(2), 147.




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i1.4890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wini Islamiati, Cucu Hidayat, Gumilar Mulya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Jurnal ini terindeks oleh: