Upaya Peningkatan Hasil Belajar Aktivitas Senam Lantai (neck spring) Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery Berbasis ICT dan TPACK
Wini Islamiati, Cucu Hidayat, Gumilar Mulya
Abstract
Pembelajaran aktivitas senam lantai guling lenting (neck spring) dalam pelaksanaannya belum berjalan efektif dan siswa merasa kesulitan dalam belajar. Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar aktivitas senam lantai guling lenting (neck spring) melalui model pembelajaran guided discovery pada siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Mangunreja Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan selama 2 siklus. Prosedur penelitian terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Mangunreja berjumlah 26 orang siswa (laki-laki 15 orang dan perempuan 11 orang). Objek penelitian ini adalah hasil belajar aktivitas senam lantai guling lenting (neck spring) melalui model pembelajaran guided discovery. Instrumen penelitian menerapkan tes observasi dan tes untuk kerja pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hasil belajar aktivitas senam lantai guling lenting (neck spring) siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Mangunreja pada siklus I persentase ketuntasan 62% dengan 16 siswa berada pada kategori tuntas dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase ketuntasan 81% dengan 21 siswa berada pada kategori tuntas dengan melebihi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 70. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar aktivitas senam lantai guling lenting (neck spring) siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Mangunreja.
Keywords
Guided discovery;Hasil belajar;ICT dan TPACK;Senam Lantai;(Neck Spring)
Mustafa, P. S., & Winarno, M. E. (2020). Pengembangan Buku Ajar Pengajaran Remedial Dalam Pendidikan Jasmani Untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Universitas Negeri Malang. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i1.7629
Narlan, Abdul., dan Juniar, D. T. (2020). Pengukuran dan Evaluasi Olahraga (Prosedur Pelaksanaan Tes dan Pengukuran dalam Olahraga Pendidikan dan Prestasi) (Cetakan Pe). Deepublish Publisher.
Salameh & Khawaldeh. (2014). Penggunaan Teknologi. Penggunaan Teknologi, 7(2), 147.
Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115 email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id e-ISSN: 2714-7851