Integrasi Pendekatan Saintifik pada Pengembangan Bahan Ajar: A Literature Review

Diini Fitrahtun Nida, Muhyiatul Fadilah, Rahmadhani Fitri

Abstract


Bahan ajar merupakan salah satu kompenen penting dalam pembelajaran. Namun, dalam pengembangan bahan ajar yang tepat dalam membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran menjadi salah satu masalah penting pada saat ini. Apalagi pengembangan bahan ajar yang harus sesuai dengan karakteristik kurikulum 2013 berbasis pendekatan  saintifik. Namun, pada hasil penulusuran penulis menemukan bahwasanya masih banyak kendala dalam mengembangkan bahan ajar yang terintegrasi pendekatan saintifik diantaranya pemilihan dan penentuan bahan ajar yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran, mendesain bahan ajar, tidak semua sekolah yang memiliki distribusi  prasarana dari pemerintah ke lembaga pendidikan, dan kurangnya antusiasme tenaga pendidik dalam mengupayakan solusi untuk permasalahan tersebut. Oleh karena itu, penulis mengidentifikasi dan menganalisis  artikel yang memuat bahan ajar yang layak dan relevan terintegrasi pendekatan saintifik agar lebih mudah untuk diketahui oleh guru ataupun pembaca untuk dijadikan referensi dalam pengembangan bahan ajar yang terintegrasi pendekatan saintifik. Artikel ini ditulis dengan menggunakan metode literatur review dengan menganalisis beberapa artikel yang relevan dengan judul. Dari hasil studi literatur dan analisis penulis diketahui bahwasanya sudah ada beberapa bahan ajar yang terintegrasi pendekatan saintifik telah dikembangkan baik dalam bentuk cetak seperti LKPD, Modul, dan buku ataupun dalam bentuk elektronik seperti E-Modul. Dari hasil studi literatur ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang terintegrasi pendekatan saintifik diantaranya buku ajar, modul, E-modul, dan LKPD yang telah dikembangkan sangat layak digunakan dalam mendukung proses pembelajaran.

Keywords


Pendekatan Saintifik; Bahan Ajar

Full Text:

PDF

References


Abdias, R., Duda, H. J., Utami, Y. E., & Bahri, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Kinerja pada Materi Protista. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2), 75–83. https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i2.482

Anggri, L., Edi Hendri, M., & Reni, B. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Anak Dengan Pendekatan Saintifik Pada Subtema Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 77–92.

Elwi, L. C., Festiyed, & Djamas, D. (2017). Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Multimedia Interaktif Menggunakan Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA. Pillar of Physics Education, 9 (April), 97–104.

Fatihasari, K. A., & Hakim, L. (2019). Pengembangan Buku Ajar Layanan Lembaga Keuangan Syariah Berbasis Scientific Approach dengan Integrasi Teknologi QR Code. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 3(2), 125–134. https://doi.org/10.26740/jpeka.v3n2.p125-134

Fikri & Madona. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Samudra Biru.

Habidah, M., & Sudarwanto, T. (2020). Pengembangan e-Modul berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran marketing kompetensi dasar menganalisis segmentasi pasar di Kelas x SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 972–978. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/35983

Istikharah, R. D. Z. S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( LKPD ) Kelas X SMA / MA Pada Materi Pokok Protista Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 12(1), 1–6.

Kemendikbud. (2013). Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Laili, Y. N., & Rohayati, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android Dengan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Perbankan Dasar SMK Negeri 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(3), 255–262.

Muqodas, R. Z., Sumardi, K., & Berman, E. T. (2015). Desain Dan Pembuatan Bahan Ajar Berdasarkan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Sistem Dan Instalasi Refrigerasi. Journal of Mechanical Engineering Education, 2(1), 106. https://doi.org/10.17509/jmee.v2i1.1160

Praspita, R., & Rosy, B. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Saintifik Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMKN 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 51–64.

Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Puspita Ratih, N., & Hakim, L. (2018). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik Sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah pada Siswa SMK Kompetensi Keahlian Perbankan Syariah. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(2), 160–166.

Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3468

Tania, L., & Susilowibowo, J. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2), 1–9.

Toy, B. A. I., Karwur, F. F., da Costa, J. F., Langkun, J. F., & Rondonuwu, F. S. (2018). Desain Bahan Ajar Biologi Berbasis Discovery Learning Dengan Scientific Approach untuk Materi Jamur di Kelas X SMA. BIOSFER: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 67–75.




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i1.5314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats


Indexing by: