Meta-analisis validitas pengembangan Booklet sebagai suplemen bahan ajar pada pembelajaran biologi SMA/MA

Putri Sarinami, Zulyusri Zulyusri

Abstract


Media pembelajaran merupakan salah satu alat bantu bagi guru untuk menyampaikan materi pada proses pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan adalah booklet. Booklet merupakan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah bertujuan untuk menganalisis kevalidan  dan media pembelajaran berupa booklet dalam pembelajaran biologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah meta analisis dengan melakukan penelusuran srtikel-artikel sumber dengan menggunakan Google Cendikia. Sampel yang digunakan adalah 23 jurnal dan skripsi yang berkaitan dengan pengembangan booklet. Hasil meta analisis penelitian bahan ajar berupa booklet sebesar 88,32% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil analisis jurnal terhadap bahan ajar berupa booklet, diharapkan validitas pengembangan Booklet sebagai suplemen bahan ajar pada pembelajaran biologi diperoleh kriteria sangat valid.

Keywords


Pengembangan, booklet, pembelajaran biologi

Full Text:

PDF

References


Aini, N., & Habibi, M. W. (2020). Development of Booklet Based Science Learning Media for Junior High School. INSECT, 1(2),155-167. DOI: 10.21154/insecta.v1i2.2182

Alencia, P., & Syamsurizal, S. (2021). Meta-analisis validitas booklet klasifikasi makhluk hidup sebagai suplemen bahan ajar ipa kelas vii smp. BIOPEDAGOGI, 10(1), 8-15. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2228679

Apriyeni, O., Syamsurizal, Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2021). Booklet pada Materi Bakteri untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 8-13. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33805

Balqis, A., & Hidayati, S. (2018). Validitas Media Booklet Berbasis Etnosains Sub Materi Sifat Fisika. E-Journal Unesa, 6(2), 213-217. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23414

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar.

Elviana, Yuniarti, E., Fuadiyah, S., & Darussyamsu, R. (2020). Pengembangan Booklet Edukasi Kesehatan ReproduksiRemaja untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 1-7. DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v5i1.7209.g3804

Gusti, U. A., & Syamsurizal, S. (2021). Uji Validitas Booklet Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 70-78. DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v6i1.2927

Harahap, I., Helendra, Farma, S., & Syamsurizal. (2020). Validitas Booklet Sistem Pernapasan

Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar IPA. Bioeducation Journal, 4(2), 104-112. http://bioeducation.ppj.unp.ac.id/index.php/bioedu/article/download/272/91

Krismadana, D., Amintarti, S., & Ajizah , A. (2021). Booklet Types of Macroscopic Fungi Riverbanks Nature Tourism Kembang River for Senior High School. Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(1), 59-65. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v3i1.9899

Melati, R., Widiya, M., Fitriani, L., & Sari P. A. (2020). Pengembangan Booklet Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Tumbuhan (Plantae) Kelas X MIPA MAN 1 (Model) Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 4 (2), 153 – 161. DOI : https://doi.org/10.33369/diklabio.4.2.153-161

Mirza, G., Ristiono, & Handayani, D. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Bernuansa Emotional Spritual Quotient tentang Materi Sel, Jaringan, Organ dan Organisme untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. Bioeducation Journal, 3(1), 27-36. http://bioeducation.ppj.unp.ac.id/index.php/bioedu/article/download/108/67

Muhammad, F., P., M., & Adnan. (2018). Pembelajaran Arthropoda Menggunakan Booklet sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas X SMA/MA. Jurnal Biology Teaching and Learning, 1(1), 2832. DOI : https://doi.org/10.35580/btl.v1i1.7546

Nafsiyah, F. (2020). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Lepidoptera Sub ordo Rhopalocera Di Kawasan Cagar Alam Pagerwunung Darupono Kendal sebagai Sumber Belajar Biologi pada Materi Keanekaragaman Hayati Di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 1-11. DOI: 10.21580/bioeduca.v2i1.5994

Novianti, P., & Syamsurizal, S. (2021). Booklet sebagai Suplemen Bahan Ajar pada Materi Kingdom Animalia untuk Peserta Didik Kelas X SMA/M. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 225-230. DOI : https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.40438

Octiana, N., Darussyamsu, R., Yogica, R., & Syamsurizal. (2020). Validitas Booklet pada Materi Pola Pewarisan Sifat pada Hukum Mendel sebagai Suplemen Pembelajaran Genetika di SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(3), 2656-1700. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pbio/article/download/7092/4090

Pangesti , K., Yulianti, D., & Sugianto. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk. Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Unnes Physics Journal, 6(3), 53-58. DOI: https://doi.org/10.15294/upej.v6i3.19270

Pratiwi, A., Ardi, & Leilani, I. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) tentang Materi Sistem SirkulasiManusia untuk SMA/MA. Journal Biosains, 1(2), 148-155. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/bio/issue/download/355/44

Pralisaputri, Kurnia R. Soegiyanto, H., Muryani, C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Jurnal GeoEco : Vol.2, No.2 Juli 2016, Hal. 147-154. https://jurnal.uns.ac.id/geoeco/article/view/8930

Purnomo, A., & Rahayuningsih, M. (2020). Development of Dragonfly Species Diversity Booklet in Tinjomoyo Tourism Forest as Supplement Material on Biodiversity Topic. Journal of Biology Education, 9(3), 269-274. DOI https://doi.org/10.15294/jbe.v9i3.38691

Puspita, A., Kurniawan, A. D., & Rahayu, H. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet pada Materi Sistem Imun terhadap Hasil Belajar Siswakelas XI SMAN 8 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1),64-73. DOI : http://dx.doi.org/10.29406/524

Putra, R., Armen, & Handayani, D. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Journal Biosains, 1(2), 269-276. DOI : https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/bio/issue/download/355/58

Rahmadhani, F., Armen, Darussyamsu, R., Fadilah, M., & Putri, D. (2019). The Development of Biology Module Based on Emotional Spiritual Quotient in Evolution Topic for Senior High School . Jurnal Pendidikan Sains, 8(2), 166-179. DOI : http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v8i2.2525

Rahmi D., & Sumarmin, R. (2021). Booklet Bernuansa Spiritual pada Materi Virus untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 234-241. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.35641

Rahmi., Syamsurizal, S. (2021). Meta-Analisis Validitas Booklet Materi Ekosistem Sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas X SMA. Journal of Science Education, 1(2),51-57. DOI : https://doi.org/10.52562/biochephy.v1i2.255

Sari, M.D.L., Suniasih, N. W., & Suadnyana, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Menggunakan Media Booklet terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 1(3), 154-161. DOI : https://doi.org/10.23887/jp2.v1i3.19343

Septiwiharti, L. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Booklet Sejarah Indonesia pada Materi Pertempuran Lima Hari di Semarang terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).Sistem Koordinasi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Journal Biosains, 1(2), 234-241. http://lib.unnes.ac.id/20773/

Syamsurizal, S., Syarif, E. A., Rahmawati, R., & Farma, S. A. (2021). Developing human movement system booklet as a biology teaching material suplement for XI grade students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 7(1), 95-103. DOI : https://doi.org/10.33369/diklabio.4.2.153-161

Syarif, E. (2020). Pengembangan Booklet Sistem Gerak pada Manusia Sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI IPA SMA/MA. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang. http://repository.unp.ac.id/29766/

Triyanto, S, A., Wahidin., Hartania, N., Solihat, A., Sutrisno. (2022). Blended-Problem Based Learning with Integrated Social Media-Based Learning Media in Improving Students’ Critical Thinking. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 15(2), 242-254. . https://doi.org/10.21009/biosferjpb.25792

Wahid, M., Uslan, & K., I. (2020). Pengembangan Bio-Booklet Melalui Pendekatan Morfologi dan Kadar Klorofil Famili. Leguminoceae untuk Sumber Belajar. Jurnal Biosains dan Edukasi, 2(1), 1216. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/biosed/article/view/222

Yudistira, O. K., Syamsurizal., Hellendra,. & Attifah, Y.2021. Analisis Kebutuhan Pengembangan Booklet Sistem Imun Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI SMA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), . 39-44. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.34289

Yunita, P., Ristiono, & Leilani, I. (2017). Pengembangan Modul Biologi Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Dilengkapi Glosarium tentang Materi. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/bio/issue/viewFile/355/54

Zaida, A., & Rahayuningsih, M. (2020). Development of Biodiversity Booklet in Mangunharjo Area. Journal of Biology Education, 9(3), 332-340. DOI : https://doi.org/10.15294/jbe.v9i3.40894




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i2.5437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Putri Sarinami, Zulyusri Zulyusri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Jurnal ini terindeks oleh: