Meta-analisis validitas pengembangan Booklet sebagai suplemen bahan ajar pada pembelajaran biologi SMA/MA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, N., & Habibi, M. W. (2020). Development of Booklet Based Science Learning Media for Junior High School. INSECT, 1(2),155-167. DOI : https://doi.org/10.21154/insecta.v1i2.2269
Alencia, P., & Syamsurizal, S. (2021). Meta-analisis validitas booklet klasifikasi makhluk hidup sebagai suplemen bahan ajar ipa kelas vii smp. BIOPEDAGOGI, 10(1), 8-15. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2228679
Apriyeni, O., Syamsurizal, Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2021). Booklet pada Materi Bakteri untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 8-13. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33805
Balqis, A., & Hidayati, S. (2018). Validitas Media Booklet Berbasis Etnosains Sub Materi Sifat Fisika. E-Journal Unesa, 6(2), 213-217. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23414
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar.
Elviana, Yuniarti, E., Fuadiyah, S., & Darussyamsu, R. (2020). Pengembangan Booklet Edukasi Kesehatan ReproduksiRemaja untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 1-7. DOI (Fullpaper): https://dx.doi.org/10.24036/apb.v5i1.7209.g3804
Gusti, U. A., & Syamsurizal, S. (2021). Uji Validitas Booklet Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 70-78. DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v6i1.2927
Harahap, I., Helendra, Farma, S., & Syamsurizal. (2020). Validitas Booklet Sistem Pernapasan
Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar IPA. Bioeducation Journal, 4(2), 104-112. http://bioeducation.ppj.unp.ac.id/index.php/bioedu/article/download/272/91
Krismadana, D., Amintarti, S., & Ajizah , A. (2021). Booklet Types of Macroscopic Fungi Riverbanks Nature Tourism Kembang River for Senior High School. Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(1), 59-65. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v3i1.9899
Melati, R., Widiya, M., Fitriani, L., & Sari P. A. (2020). Pengembangan Booklet Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Tumbuhan (Plantae) Kelas X MIPA MAN 1 (Model) Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 4 (2), 153 – 161. DOI : https://doi.org/10.33369/diklabio.4.2.153-161
Mirza, G., Ristiono, & Handayani, D. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Bernuansa Emotional Spritual Quotient tentang Materi Sel, Jaringan, Organ dan Organisme untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. Bioeducation Journal, 3(1), 27-36. http://bioeducation.ppj.unp.ac.id/index.php/bioedu/article/download/108/67
Muhammad, F., P., M., & Adnan. (2018). Pembelajaran Arthropoda Menggunakan Booklet sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas X SMA/MA. Jurnal Biology Teaching and Learning, 1(1), 2832. DOI : https://doi.org/10.35580/btl.v1i1.7546
Nafsiyah, F. (2020). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Lepidoptera Sub ordo Rhopalocera Di Kawasan Cagar Alam Pagerwunung Darupono Kendal sebagai Sumber Belajar Biologi pada Materi Keanekaragaman Hayati Di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 1-11. DOI: https://doi.org/10.21580/bioeduca.v2i1.5994
Novianti, P., & Syamsurizal, S. (2021). Booklet sebagai Suplemen Bahan Ajar pada Materi Kingdom Animalia untuk Peserta Didik Kelas X SMA/M. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 225-230. DOI : https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.40438
Octiana, N., Darussyamsu, R., Yogica, R., & Syamsurizal. (2020). Validitas Booklet pada Materi Pola Pewarisan Sifat pada Hukum Mendel sebagai Suplemen Pembelajaran Genetika di SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(3), 2656-1700. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pbio/article/download/7092/4090
Pangesti , K., Yulianti, D., & Sugianto. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk. Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Unnes Physics Journal, 6(3), 53-58. DOI: https://doi.org/10.15294/upej.v6i3.19270
Pratiwi, A., Ardi, & Leilani, I. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) tentang Materi Sistem SirkulasiManusia untuk SMA/MA. Journal Biosains, 1(2), 148-155. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/bio/issue/download/355/44
Pralisaputri, Kurnia R. Soegiyanto, H., Muryani, C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Jurnal GeoEco : Vol.2, No.2 Juli 2016, Hal. 147-154. https://jurnal.uns.ac.id/geoeco/article/view/8930
Purnomo, A., & Rahayuningsih, M. (2020). Development of Dragonfly Species Diversity Booklet in Tinjomoyo Tourism Forest as Supplement Material on Biodiversity Topic. Journal of Biology Education, 9(3), 269-274. DOI https://doi.org/10.15294/jbe.v9i3.38691
Puspita, A., Kurniawan, A. D., & Rahayu, H. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet pada Materi Sistem Imun terhadap Hasil Belajar Siswakelas XI SMAN 8 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1),64-73. DOI : http://dx.doi.org/10.29406/524
Putra, R., Armen, & Handayani, D. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Journal Biosains, 1(2), 269-276. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/bio/issue/download/355/58
Rahmadhani, F., Armen, Darussyamsu, R., Fadilah, M., & Putri, D. (2019). The Development of Biology Module Based on Emotional Spiritual Quotient in Evolution Topic for Senior High School . Jurnal Pendidikan Sains, 8(2), 166-179. DOI : http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v8i2.2525
Rahmi D., & Sumarmin, R. (2021). Booklet Bernuansa Spiritual pada Materi Virus untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 234-241. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.35641
Rahmi., Syamsurizal, S. (2021). Meta-Analisis Validitas Booklet Materi Ekosistem Sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas X SMA. Journal of Science Education, 1(2),51-57. DOI : https://doi.org/10.52562/biochephy.v1i2.255
Sari, M.D.L., Suniasih, N. W., & Suadnyana, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Menggunakan Media Booklet terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 1(3), 154-161. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v1i3.19343
Septiwiharti, L. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Booklet Sejarah Indonesia pada Materi Pertempuran Lima Hari di Semarang terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).Sistem Koordinasi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Journal Biosains, 1(2), 234-241. http://lib.unnes.ac.id/20773/
Syamsurizal, S., Syarif, E. A., Rahmawati, R., & Farma, S. A. (2021). Developing human movement system booklet as a biology teaching material suplement for XI grade students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 7(1), 95-103. DOI : https://doi.org/10.33369/diklabio.4.2.153-161
Syarif, E. (2020). Pengembangan Booklet Sistem Gerak pada Manusia Sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI IPA SMA/MA. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang. http://repository.unp.ac.id/29766/
Triyanto, S, A., Wahidin., Hartania, N., Solihat, A., Sutrisno. (2022). Blended-Problem Based Learning with Integrated Social Media-Based Learning Media in Improving Students’ Critical Thinking. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 15(2), 242-254. . https://doi.org/10.21009/biosferjpb.25792
Wahid, M., Uslan, & K., I. (2020). Pengembangan Bio-Booklet Melalui Pendekatan Morfologi dan Kadar Klorofil Famili. Leguminoceae untuk Sumber Belajar. Jurnal Biosains dan Edukasi, 2(1), 1216. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/biosed/article/view/222
Yudistira, O. K., Syamsurizal., Hellendra,. & Attifah, Y.2021. Analisis Kebutuhan Pengembangan Booklet Sistem Imun Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI SMA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), . 39-44. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.34289
Yunita, P., Ristiono, & Leilani, I. (2017). Pengembangan Modul Biologi Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Dilengkapi Glosarium tentang Materi. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/bio/issue/viewFile/355/54
Zaida, A., & Rahayuningsih, M. (2020). Development of Biodiversity Booklet in Mangunharjo Area. Journal of Biology Education, 9(3), 332-340. DOI : https://doi.org/10.15294/jbe.v9i3.40894
DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i2.5437
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Indexing by: