Pengaruh Peran Fasilitator dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Pelatihan di LKP Bahasa Inggris Kecamatan Pare

Maya Evelyn Saptarina, Edi Widianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran fasilitator dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar peserta pelatihan di LKP Bahasa Inggris Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data pelatihan di delapan LKP Bahasa Inggris Desa Pelem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri dengan teknik accidental sampling, serat dianalisis melalui regresi linear berganda dibantu program IBM SPSS versi 28.0. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Tidak terdapat pengaruh antara Peran Fasilitator terhadap Motivasi Belajar Peserta Pelatihan di LKP Bahasa Inggris Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, dibuktikan dengan nilai p-value lebih besar daripada taraf sig (0,227>0,05); 2) Terdapat pengaruh antara Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Pelatihan di LKP Bahasa Inggris Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, dibuktikan dengan nilai p-value lebih besar daripada taraf sig (0,001 < 0,05); 3) Terdapat pengaruh antara Peran Fasilitator dn Lingkungan Belajar secara simultan terhadap Motivasi Belajar Peserta Pelatihan di LKP Bahasa Inggris Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, dibuktikan dengan nilai p-value (0,000) yang mana lebih kecil dari alpha (0,05). Sebaiknya dapat diupayakan bagi lembaga kursus dan pelatihan untuk memberikan evaluasi dan pelatihan kepada setiap fasilitator agar peran fasilitator dapat dilakasanakan secara maksimal.

Keywords


Peran Fasilitator; Lingkungan Belajar; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


AlFarabi, M. (2018). Pendidikan Orang Dewasa Dalam Al-Qur'an. Jakarta: Kencana.

Arbangi, D., Dakir, D., & Umiarso, U. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Baharuddin, B. & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46-52. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739.

DePorter, B., Reardon, M., & Singer-Nourie, S. (2010). Quantum teaching: mempraktikkan quantum learning di ruang-ruang kelas. Kaifa.

Dita, D. N. (2019). Peran Fasilitator melalui UMKM Sri Siji dalam Meningkatkan Produktivitas Batik di Desa Gejagan Nganjuk. J+ PLUS UNESA, 8(2), 1-12. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/29065.

Diyah, N. S., & Riyanto, Y. (2020). Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan Mahesa Institute Pare Kediri. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya. https://digilib.unesa.ac.id/detail/NjY5NDI4MjAtYmMxNS0xMWVhLThiMzEtYjE3OTNjYzE3YmEy

Febianti, Y. N. (2018). Peningkatan motivasi belajar dengan pemberian reward and punishment yang positif. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 93-102.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Husna, E. N. K. (2021). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. Skripsi. IAIN Tulungagung. http://repo.uinsatu.ac.id/22086/

Mangkunegara, P. A. (2006). Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung: Refika Aditama.

Mulu, A. (2013). Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Skripsi, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/15254-Full_Text.pdf

Novianti, R. (2019) Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 1-20. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/pairf.v1i1.3010

Nurhayu. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Partisipasi Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Pekanbaru. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. http://repository.uin-suska.ac.id/53163/

Priyanto, D. (2013). Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gaya Media.

Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Saputri, Y., Purwito, L, dan Widianto, E. (2019). Pengaruh Kompetensi Fasilitator dan Hasil Belajar Peserta Pelatihan Keluarga Sehat. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 22-36. http://dx.doi.org/10.17977/um041v14i1p22-36.

Schwarz, R. (2002). The Skilled Facilitator: A Comprehensive Resource for Consultants, Facilitators, Managers, Trainers, and Coaches. San Francisco: Jossey-Bass.

Sidi, I. J. (2004). Pelayanan Profesional, Kegiatan Belajar-Mengajar yang Efektif. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.

Soelaiman, J. (2004). Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 3.

Suradi, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Depublish.

Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1.

Widarto, M. P. (2013). Penelitian Ex Post Facto. Fakultas Teknik: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i1.5619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats


Indexing by: