Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam

Desi Yati Wulan Cahyani, M Yunus Abu Bakar

Abstract


Pendidikan karakter merupakan suatu kegiatan penanaman nilai-nilai budi pekerti, akhlak, moral kepada peserta didik sebagai upaya untuk melahirkan insan kamil generasi muda Islam yang bertakwa kepada Allah dan berakhlakul karimah. Terwujudnya seseorang yang berkarakter (Akhlaqul Karimah) melalui pendidikan karakter merupakan salah satu alternatif penyelesaian persoalan karakter anak yang bersifat preventif dan kuratif. Oleh  karena itu, pendidikan karakter akan terlaksana jika selaras dengan system pendidikan yang tepat. Adapun tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui lebih jauh mengenai pendidikan karakter dalam persepektif filsafat pendidikan Islam. Penulisan Artikel ini menggunakan Studi pustaka. Berdasarkan pembahasan pada artikel ini, dapat disimpulkan bahwa dalam perspektif pendidikan Islam, pendidikan karakter yang dikembangkan oleh Kementrian Pendidikan sangat relevan dengan pendidikan karakter yang diajarkan dalam pendidikan Islam. Nilai-nilai yang diajarkan dalam pendidikan karakter yang meliputi moral atau akhlak yang mana hal itu juga diajarkan dalam pendidikan Islam yang mengacu pada nilai-nilai karakter Rasulullah SAW (siddiq, amanah, tabligh dan fathanah). Tidak hanya itu, pendidikan karakter yang diajarkan dalam pendidikan Islam juga mencakup karakter yang didasarkan pada sifat-sifat mulia Allah (Asmaul Husna) seperti kasih sayang, pemaaf, menghormati, memuliakan orang lain, lemah lembut, santun, suka menolong, bijaksana, peduli, adil, memberi manfaat dan sabar. Karakter-karakter ini diharapkan dapat dimiliki oleh setiap perserta didik setelah mereka menempuh pendidikan Islam dan dapat mengaplikasikan karakter-karakter tesebut di tengah masyarakat


Keywords


Pendidikan karakter Filsafat Islam

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i2.6169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Desi Yati Wulan Cahyani, M Yunus Abu Bakar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

View Metaedukasi Stats


Jurnal ini terindeks oleh: