Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam
Abstract
Pendidikan karakter merupakan suatu kegiatan penanaman nilai-nilai budi pekerti, akhlak, moral kepada peserta didik sebagai upaya untuk melahirkan insan kamil generasi muda Islam yang bertakwa kepada Allah dan berakhlakul karimah. Terwujudnya seseorang yang berkarakter (Akhlaqul Karimah) melalui pendidikan karakter merupakan salah satu alternatif penyelesaian persoalan karakter anak yang bersifat preventif dan kuratif. Oleh karena itu, pendidikan karakter akan terlaksana jika selaras dengan system pendidikan yang tepat. Adapun tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui lebih jauh mengenai pendidikan karakter dalam persepektif filsafat pendidikan Islam. Penulisan Artikel ini menggunakan Studi pustaka. Berdasarkan pembahasan pada artikel ini, dapat disimpulkan bahwa dalam perspektif pendidikan Islam, pendidikan karakter yang dikembangkan oleh Kementrian Pendidikan sangat relevan dengan pendidikan karakter yang diajarkan dalam pendidikan Islam. Nilai-nilai yang diajarkan dalam pendidikan karakter yang meliputi moral atau akhlak yang mana hal itu juga diajarkan dalam pendidikan Islam yang mengacu pada nilai-nilai karakter Rasulullah SAW (siddiq, amanah, tabligh dan fathanah). Tidak hanya itu, pendidikan karakter yang diajarkan dalam pendidikan Islam juga mencakup karakter yang didasarkan pada sifat-sifat mulia Allah (Asmaul Husna) seperti kasih sayang, pemaaf, menghormati, memuliakan orang lain, lemah lembut, santun, suka menolong, bijaksana, peduli, adil, memberi manfaat dan sabar. Karakter-karakter ini diharapkan dapat dimiliki oleh setiap perserta didik setelah mereka menempuh pendidikan Islam dan dapat mengaplikasikan karakter-karakter tesebut di tengah masyarakat
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainissyifa, H. (2017). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 1–26. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/68
Aneess, B. Q. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Simbiosa Rakatama.
Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di tengah Tantangan Milenium III. Kencana.
Felta, F. (2021). Pendidikan Karakter dalam Islam: Perspektif Filsafat (Character Education In Islam: A Philosophy Perspective). https://doi.org/10.31219/OSF.IO/K4GN5
Hafid, U. D. (2018). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 93–98. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i1.3428
Hermawan, A. (2009). Filsafat Pendidikan Islam (01 ed.). Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.
Kristiawan, M. (2016). Filsafat Pendidikan. In L. Hendri & Juharmen (Eds.), Valia Pustaka. Valia Pustaka.
Majid, A., & Andayani, D. (2008). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Remaja Rosdakarya.
Mughni, M. S., & Bakar, M. Y. A. (2022). Studi Aliran Filsafat Pendidikan Islam Serta Implikasinya Terhadap Pengembangan Pendidikan Islam. Dirasah, 5. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah/article/view/456/430
Muhaimin. (2001). Paradigma pendidikan Islam : upaya mengefektifkan pendidikan agama Islam di sekolah. Remaja Rosdakarya.
Musayyidi, & Rudi, A. (2020). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam (Urgensi dan Pengaruhnya dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kariman 8(2), 261-278. https://jurnal.inkadha.ac.id/index.php/kariman/article/view/152/132
Musrifah, M. (2016). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Edukasia Islamika, 1(1), 119–133. https://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/edukasiaislamika/article/view/772
Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana.
Natsir, N. F. (2007). Peningkatan Kualitas Guru dalam Perspektif Pendidikan Islam. Educationist, 1(1), 20–27. http://ejournal.sps.upi.edu/index.php/educationist/article/viewFile/25/19
Rakhmawati. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 191–214. https://core.ac.uk/download/pdf/294951613.pdf
Sahlan, A. (2012). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam (Kajian Penerapan Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Islam). El-Hikmah, 9(2), 139–149.
Saragih, H., Hutagalung, S., Mawati, A. T., Chamidah, D., Khalik, M. F., Sahri, sahri, Wula, P., Purba, S. R. F., & Kato, I. (2021). Filsafat Pendidikan. Kita Menulis.
Siddik, H. (2022). Konsep Dasar Pendidikan Islam (Perspektif Al-Quran, Al-Hadis, Filosofis, Yuridis Formal, Psikologis, Dan Sosiologis). Ar-Riwayah : Jurnal Kependidikan 14(1), 35-51. https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Al-Riwayah/article/view/590/480
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/10.21831/JPK.V1I1.1316
Sukatin, I., Lidya Tama, K., Alawiyah, A., Abiyasa, B., Fajar, H., & Nazila, H. (2021). Pendidikan Karakter dalam Perspektik Pendidikan Islam. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 100-114.
Warami, H., & Melanesia, J. (2016). Bahasa dalam Gerbang Filsafat Pendidikan: Perspektif Ontologi Bahasa Dan Budaya. Jurnal Triton Pendidikan, 1(1), 35-42.
Yusuf, M. (2022). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Al-Hikmah, 61, 74.
DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i2.6169
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Indexing by: