Analisis Faktor Penghambat Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar di Era Society 5.0

Sugianto Alip, Siti Sahronih

Abstract


Di era society 5.0 perkembangan teknologi yang sangat pesat dapat proses belajar anak. Beberapa memberikan dampak positif namun ada pula ada yang memberikan dampak negatif yang menjadi penghambat proses belajar anak belajar pada era society 5.0. Kemudahan mengakses teknologi membuat anak – anak semakin penasaran dengan dunianya sendiri , tanpa pengawasan dan bimbingan baik dari orang tua atau guru membuat anak menjadi malas untuk belajar, malas berdiskusi berkaitan dengan mata pelajaran, kurang termotivasi untuk belajar, kurang dapat berkomunikasi dan mengendalikan emosi dengan baik, serta kurang dapat berpikir kreatif, inovatif dan berintegritas. Di era society ini orang tua dan guru ikut serta menjadi pengawas keberhasilan anak dalam mendukung kegiatan pembelajaran yang modern. Terdapat beberapa cara untuk menerapkan pembelajaran digital, salah satunya melalui pembelajaran daring. Pada pembelajaran daring, anak perlu memiliki kemampuan untuk memperhatikan dengan seksama bagaimana tindakan seseorang mempengaruhi orang lain, meluangkan waktu untuk merenungkan sebuah konten sebelum mengirimnya, menganalisis cara merepresentasikan diri saat melalui media online dalam membangun dan memberikan jejak digital yang positif, serta  tanggap dalam mengevaluasi sumber dengan strategi literasi digital termasuk memahami berbagai perspektif. Dengan menggunakan metode studi literatur penelitian ini menemukan beberapa faktor penghambat belajar anak sekolah dasar yang meliputi faktor kesehatan, psikologis, kejenuhan, intelektualitas, rendahnya minat dan motivasi belajar, sikap, perilaku, dan kesiapan belajar siswa, serta kendala teknis. Faktor-faktor penghambat tersebut perlu menjadi perhatian pendidik dan orang tua untuk mendukung anak belajar dalam konteks digital serta mengasah pola berpikir anak untuk memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada.


Keywords


Faktor Penghambat; Pendidikan sekolah dasar; Era society 5.0

Full Text:

PDF

References


Care, E., Griffin, P., & McGaw, B. (2012). Assessment and teaching of 21st century skills (pp. 17-66). Dordrecht, The Netherlands: Springer.

Diasti, K. (2021). Faktor-Faktor Pendukung dan Penghambat Belajar Dalam Jaringan (DARING). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 151-162. https://www.ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/26/25

Indra, I. M., & Cahyaningrum, I. (2020). Cara mudah memahami metodologi penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Rohmah, H., & Azizah, N. H. (2022). Analisis Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Online Saat Pandemi di MA Midanutta'lim Mayangan Jogoroto. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 5(4), 28-32. DOI: 10.32764/JOEMS.V5I4.789

Parni, P. (2017). Faktor internal dan eksternal pembelajaran. Tarbiya Islamica, 5(2), 53-64. DOI: https://doi.org/10.37567/ti.v5i2.1548

Puthree, A. N., Rahayu, D. W., Ibrahim, M., & Djazilan, M. S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 5(5), 3101-3108. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1279

Putri, R., Susilawati, W. O., & Sukron, M. (2021). Analisis Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Di SD Negeri 104/II Sungai Pinang. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 1(2), 109-112. DOI: https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.23

Rahmawan , A. Z. ., & Effendi , Z. . (2022). Implementasi society 5.0 dalam kebijakan dan strategi pendidikan pada pandemi Covid-19. Strategy : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 2(1), 34-43. DOI: https://Doi.Org/10.51878/Strategi.V2i1.861

Sakiinah, A.N., Mahya, A.F.P., & Santoso, G. (2022). Revolusi Pendidikan di era society 5.0; pembelajaran, tantangan, peluang, akses, dan keterampilan teknologi. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(2), 18-28. DOI: https://doi.org/10.9000/jpt.v1i2.508

Sapdi, R. M. 2023. Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 7(1), 993-1001. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4730

Silvani, D. 2022. Pembelajaran online di era metaverse: peluang di tengah tantangan. Dalam Wijayanto, A. Jejaring teknologi metaverse (h.153-159). Akademia Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v5i1.7982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats


Indexing by: