Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Konsep Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia

Fitri Nurjanah, Suharsono Suharsono, Diki Muhamad Chaidir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia di Kelas XI MIPA SMAN 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu true experiment dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 Jatiwaras sebanyak 4 kelas yang berjumlah 142 siswa. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian sebanyak 2 kelas yaitu XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis berupa soal uraian berjumlah 16 soal. Instrument yang yang digunakan tes kemampuan berpikir kritis pada materi sistem pernapasan manusia. Teknik analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov yang diperoleh nilai signifikasi untuk kelas eksperimen 0,073 > 0,05 dan kelas kontrol 0,057 > 0,05 serta uji homogenitas menggunakan uji levene yang diperoleh nilai signifikasi 0,110 > 0,05. Uji hipotesis menggunakan uji t independent hasil analisis menunjukkan bahwa Ho ditolak dengan nilai signifikan diperoleh 0,000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas XI MIPA SMAN 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2022/2023 pada materi sistem pernapasan manusia.

Full Text:

PDF

References


Alian, Sarmidin, B. (2019). Efektifitas Strategi Giving Question and Getting Answer Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI Di SMA Negeri 1 Kuantan Hilir. JOM FTK UNIKS, 1(1), 132–142. https://ejournal.uniks.ac.id

Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919–927. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/472

Cahyono, B. (2016). Korelasi Pemecahan Masalah dan Indikator Berfikir Kritis. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.21580/phen.2015.5.1.87

Ciptahadi, Ni Putu Meina Ayuningsih, K. G. O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer Terhadap Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 134–142. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10208

Ennis, R. H. (1985). A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills. Educational Leadership, 44–48. https://jgregorymcverry.com

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamruni. (2011). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani.

Kurino, Y. D. (2018). Model Giving Question and Getting Answer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didactical Mathematics, 1(1), 34–39. http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v1i1.1122

Linda, Z., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. In Erzatama Karya Abadi (Vol. 7, Issue 2).

Lismayani, I., & Mahanal, S. (2017). The Correlation of Critical Thinking Skill and Science Problem-Solving Ability of Junior High School Students. Jurnal Pendidikan Sains, 5(3), 96–101. http://dx.doi.org/10.17977/jps.v5i3.10338

Lissa. (2017). Pengunaan Metode Giving Questions and Getting Answer terhadap Keaktifan Belajar Siswa SMA. Bioeduscience, 1(1), 11–18. https://doi.org/10.29405/bioeduscience/11-18111107

Mardhiyah Rifa Hanifa, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, M. R. Z. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12(1), 187–193. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Nengsi, S., & Oktaria, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran GQGA (Giving Question and Getting Answer) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(2), 111–121. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i2.959

Nur, H., & Amri. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI UPT SMAN 4 Parepare. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 3(2), 81–88. https://doi.org/10.32502/dikbio.v3i2.2240

Nur Khofiyah, H., Santoso, A., & Akbar, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 61–67. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11857

Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1308–1314. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Ridho, S., Ruwiyatun, R., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 10–15. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.194

Sari, E. P., & Gunanto, Y. E. (2018). Penerapan Metode Giving Question and Getting Answers untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 10 MIA di Sekolah ‘Fanos’ Kupang. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 14(2), 239–253. http://dx.doi.org/10.19166/pji.v14i2.846

Triyanto, S. A., & Prabowo, C. A. (2020). Efektivitas Blended-Problem Based Learning dengan Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Effectiveness of Blended-Problem Based Learning with Lesson Study toward Learning Outcomes. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1), 42–48. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v13i1.37960




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v5i1.8165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diki Muhamad Chaidir et al.,

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

View Metaedukasi Stats


Jurnal ini terindeks oleh: