Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Puzzle Sejarah Berbasis Lempar Dadu Pada Pembelajaran Sejarah Indonesia di Kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 1 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023

Nadila Eka Nur Afifah, Alex Anis Ahmad, Ilham Rohman Ramadhan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Puzzle Sejarah Berbasis Lempar Dadu Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia materi Tokoh Proklamator dan Tokoh Sekitar Proklamasi Kelas XI MIPA 7 di SMA Negeri 1 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperiment dengan rancangan None-equivalent Control Group Desain. Populasinya yaitu seluruh siswa XI MIPA yang berjumlah 283 siswa, dari populasi tersebut diambil sampel yaitu kelas XI MIPA 7 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 37 siswa dan kelas XI MIPA 4 sebagai kontrol yang berjumlah 34 siswa.Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Purpossive Sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa angka dan lembar observasi. Adapun hasil penelitian yang didapat dari kelas XI MIPA 7 sebagai kelas eksperimen nilai rata-rata postest sebesar 73,30. Sedangkan pada kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol nilai rata-rata postest sebesar 64,44. Hasil uji hipotesis yang diperoleh sig. (2-ekor) 0,000. Sehingga nilai 0,000 < 0,05 artinya H a diterima dan H o ditolak, sehingga dapat ditulis bahwa.Terdapat Pengaruh media pembelajaran Puzzle sejarah berbasis lempar dadu terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia materi Tokoh Proklamator dan tokoh sekitar proklamasi di kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 1 Tasikmalaya semester genap tahun ajaran 2022/2023.


Keywords


Media pembelajaran Puzzle Sejarah Berbasis Lempar Dadu, Keaktifan Belajar Siswa, Pembelajaran Sejarah

Full Text:

PDF

References


Simanjuntak, M. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2), 228-237. https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1729

Iswadi & Herwani. (2021). Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Di Era Pademi Covid-19: Active Learning Method Efforts to Improve Student Activity and Learning Outcomes in the Covid-19 Pandemic Era. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(1), 35–44. https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i1.60

Nurkholis, N. (2016). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Shavab, Oka A. K. & Miftahudin, Z. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Buzz Group Materi Perang dingin Pada Mata Kuliah Sejarah Kontemporer Eropa Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Jurnal Candrasangka, 5(2). http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v5i2.6588

Pratama, S. A., & Permatasari, R. I. (2021). Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur Dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor Pt. Dua Kuda Indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(1), 38–47. https://doi.org/10.35968/m-pu.v11i1.600

Teni & Yudiyanto, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.73




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v5i1.8395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nadila Eka Nur Afifah, Alex Anis Ahmad, Ilham Rohman Ramadhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

View Metaedukasi Stats


Jurnal ini terindeks oleh: