Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTs) Siswa SMAN 16 Bandar Lampung Berdasarkan Perbedaan Level Akadmik

Dina Maulina, Aulia Rohali, Ismi Rakhmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Higher Order Thinking Skills (HOTS) berdasarkan tingkat kemampuan akademik berbeda peserta didik kelas X pada materi virus di SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Desain yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X.6, X.7 dan X.8 berjumlah 103 peserta didik yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif yaitu data HOTS yang dikumpulkan melalui tes kognitif pada materi virus berbasis HOTS dan data tingkat kemampuan akademik dikumpulkan melalui Tes Potensi Akademik (TPA). Data tersebut dianalisis dengan uji Anova satu jalur untuk mengetahui perbedaan HOTS berdasarkan tingkat kemampuan akademik berbeda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa HOTS perserta didik berkatagori rendah memiliki persentase 82,5% dan rata-rata nilai tes 59. Data hasil TPA terbagi menjadi tiga katagori dengan kemampuan tinggi sebesar 26%, kemampuan sedang sebesar 47%, dan kemampuan rendah sebesar 27% dengan rata-rata nilai TPA 50. Data HOTS dan Kemampuan Akademik diuji mengunakan One-Way Anova dengan perolehan sig. 0,005 < 0,05, dengan rata-rata HOTS pada kemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah berturut-turut adalah 56,87; 59,83; dan 50,44. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan HOTS berdasarkan tingkat kemampuan akademik yang berbeda.

Keywords


Higher Order Thinking Skills (HOTS), Kemampuan akademik, Pembelajaran Biologi, Virus

Full Text:

PDF

References


Adi, N. P., Yulianto, R. Alphin dan Suparno. (2018(. Media Pembelajaran Android untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Sikap Terbuka. Jurnal Penelitian dan Evaluasi. 1(1) : 24-39. Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/297684596.pdf

Anggraini, G., dan Sriyati, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMAN Kelas X di Kota Solok pada Konten Biologi. Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS). 1(1): 114-124. Diakses dari https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/JeITS/article/view/1242

Badan Standar Nasional. (2019). Prosedur Operasional Standar (Pos) Penyelenggaraan Ujian Nasional. BNSP. Jakarta

Balitbang Kemendikbud. (2019). Tingkat Kesulitan Soal UN 2019 tidak berubah. Kemendikbud. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/03/tingkat-kesulitan-soal-un-2019-tidak-berubah-ini-komposisi-soalnya

Chotimah, U., dan Nurdiansyah, E. (2017). Meningkatkan High Order Thinking Skills Mahasiswa Semester III PPKn dalam Pembelajaran Psikologi Sosial melalui Penerapan Metode Six Thinking Hats. Jurnal Civics. 14 (1): 63-74. Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/14563

Dalman, R.P., dan Junaidi. (2022). Penyebab Sulitnya Siswa Menjawab Soal HOTS dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS SMAN 1 Batang Kapas Pesisir Selatan. Naradidik: Journal of Education & Pedagogy. 1(1): 103-112. Diakses dari https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/12

Ernanda, M., Suharsono, S., & Triyanto, S. A. (2022). The Effect of Implementing Problem Based Learning in Lesson Study on Students Critical Thinking Skills. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 15(2), 112–125. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v15i2.61383

Fariroh, A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning pada Materi Virus Kelas X. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Harahap, F.D.S. dan Nasution, M.Y. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Virus di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Rantau Selatan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jurnal Pelita Pendidikan. 6(2): 71-78. Diakses dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/article/view/10141

Hardiani, N. (2017). Pengaruh Kemampuan Verbal dan Numerik terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Bentuk Cerita. Beta. 7(1): 64-71. Diakses dari https://jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/view/44

Iqbal, M., Mahanal, S., Zubaidah, S. dan Corebia. A.D. (2015). Pengaruh Tingkat Kemampuan Akademik Siswa SMA Kota Malang terhadap Sikap pada Ekosistem Sungai. Bioedukasi. 13(2): 21-26. Diakses dari https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BIOED/article/view/4522

Kemendikbudristek. (2022). Berita pendidikan: Kemendikbudristek Harap Skor PISA Indonesia Segera Meningkat. Diakses dari https://radioedukasi.kemdikbud.go.id/read/3341/kemendikbudristek-harap-skor-pisa-indonesia-segera-membaik.html#:~:text=%E2%80%9CHasil%20survei%20PISA%202018%20menempatkan,di%20posisi%2071%2C%E2%80%9D%20pungkasnya

Lestari, I., Ariyati, E., dan Marlina, R. (2016). Efektivitas pembelajaran kooperatif berbantuan flipbook terhadap hasil belajar siswa pada materi virus di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 5(6): 1-13. Diakses dari http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jp dpb/article/view/15652/13752

Maylani, N., Muhyani. dan Suhendra. (2020). Pengaruh Penerapan Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap Prestasi Belajar dan Jiwa Kewirausahaan Siswa pada Mata Pelajaran IPS kelas 3 MI Plus Al-Ihsan Kota Bogor. Attadib: Journal of elementary Education. 4(2): 1-11. Diakses dari https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/825

Mardiyah, R.H., Aldriani, S.N.F., Chitta, F. dan Zulfikar, M.R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Penidikan. 12(1): 29-40. Diakses dari https://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/article/view/5813

Miterianifa, M., Ashadi, A., Saputro, S. Dan Suciati, S. (2021). Higher Order Thinking Skills in the 21st Century: Critical Thinking. http://dx.doi.org/10.4108/eai.30-11-2020.2303766

Muhammad, N.H. (2018). Pengaruh Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerik, dan Minat Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Makassar. Skripsi. Universitas Negeri Makassar. Makassar

Mukaromah, S.J. dan Hasyim, M. (2017). Pengaruh Kemampuan Verbal, Numerik, dan Spasial terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 3(1): 94-107. Diakses dari https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/article/view/294

Najahah, L., Ahied, M., Rosidi, I. dan Munawaroh, F. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesalahan yang Dilakukan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS: Analisis Newman. Jurnal Natural Science Educational Research. 4(3): 193-208. Diakses dari https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/transformasi/article/view/904

Nisa, N. C., Nadiroh, N., & Siswono, E. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTs) Tentang Lingkungan Berdasarkan Latar Belakang Akademik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 19(02), 1–14. https://doi.org/10.21009/plpb.192.01

Nuraini, T. dan Julianto. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Kelas IV dalam Menyelesaikan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Pembelajaran IPA. JPSD. 10(1): 60-74. Diakses dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/44430

Prayitno, B.A. (2010). Potensi Pembelajaran Kooperatif Dalam Memberdayakan Prestasi Belajar Siswa Under Achievment (Upaya Mensejajarkan Prestasi Belajar Siswa Akademik Bawah Dengan Siswa Akademik Atas). Seminar Nasional Pendidikn Biologi FKIP UNS. Diakses pada 16 Januari 2022 pada https://media.neliti.com/media/publications/175402-ID-potensi-pembelajaran-kooperatif-dalam-me.pdf

Pusat Pendidikan Nasional. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional tahun 2019. Kemendikbud. Jakarta. Diakses pada 22 Februari 2022 pada https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian_nasional

Putra, R.F. (2020). Pembelajaran HOTS Dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah 1 Surakarta. Naskah Pubikasi. Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses dari http://eprints.ums.ac.id/88031/

Putri, Y.R., Rakhmawati, I., dan Sikumbang, D. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik pada Materi Perubahan Lingkungan di SMA Negeri 1 Gadingrejo. Jurnal Bioterdidik. 8(3). Diakses dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/21505

Ramos, J.L.S., Dolipas, B.B. dan Villamor, B.B. (2013). Higher Order Thinking Skills and Academic Performance in Physics of College Students: A Regression Analysis. International Journal of Innovative Interdisciplinary Research. 49-60. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/333506487_Higher_Order_Thinking_Skills_and_Academic_Performance_in_Physics_of_College_Students_A_Regression_Analysis

Rufaidah, E. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi Abad 21 di Lampung. Seminar Nasional Pendidikan ke-2 FKIP Universitas Lampung.

Safari. (2019). Evaluasi Pendidikan: Penyusunan Kisi-Kisi, Penulisan, dan Analisis Butir Soal Berdasarkan Kurikulum 2013 Menuju Penilaian Abad 21. Erlangga. Jakarta

Salmin, A.H., Nuraliah, G., Apriliani, R.R. dan Nurulaeni, F. (2015). Urgensi Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah. 1(1): 66-71. Diakses dari https://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/article/view/66/25

Sukariawan, I.M.A. (2019). Analisis Deskriptif Hubungan Sidik Jari Dengan Tes Potensi Akademik (TPA) Dari Kelas X SMAN 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. 3(2): 52-59. Diakses dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/article/view/17308

Sugiartini, M.E., Margunayasa, I.G., dan Ariawan, I.P.W. (2022). Hubungan antara Kemampuan Numerik, Kemampuan Verbal, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 9(2): 406-415. Diakses dari https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/679

Suratno., Kamid., Dan Sinabang, Y. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Managemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial. 1(1): 127-139. Diakses dari https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/249

Suroto., Prakoso, B.B., Ridwan, M. dan Juniarisca, D.L. (2021). Berpikir Kritis dan Hubungannya dengan Prestasi Akademik Calon Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Olahraga Pendidikan Indoensia. 46-59. Diakses dari https://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/5

Susilawati., Jamaluddin. dan Bachtiar, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Berbantuan Multimedia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Mataram Ditinjau dari Kemampuan Akademik. Jurnal Pijar MIPA.12(2): 64-70. Diakses dari https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/343

Tanujaya, B., Mumu, J., dan Margono, G. (2017). The Relationship between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics Instruction. International Education Studies. 10(11): 78-85. Diakses dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1159551

Tim Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). Panduan Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills. Pusat Penilaian Pendidikan. Jakarta

Triyanto, S. A., Wahidin, W., Hartania, N., Solihat, A., & Sutrisno, S. (2022). Blended-problem based learning with integrated social media-based learning media in improving students’ critical thinking skills. Biosfer, 15(2), 242–254. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.25792

Yulianis dan Maharani, A.D. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Siswa Kelas XI SMA. Bioconcetta. 5(2): 105-112. Diakses dari https://ejournal.upgrisba.ac.id/index.php/BioCONCETTA/article/view/3789

Zubaidah, S., (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 2(2): 1-17. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/318013627_Keterampilan_Abad_Ke-21_Keterampilan_Yang_Diajarkan_Melalui_Pembelajaran

Zulfadhli., Jaya, A.S.F., dan Fadhli, R. (2021). Analysis of Student Ability in Answering Higher Order Thinking Skills (HOTS) Questionsat SMAN 1 Banda Aceh. Annual International Conference (AIC) on Social Sciences. Diakses dari https://jurnal.unsyiah.ac.id/AICS-Social/article/view/24363




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i2.8398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats


Indexing by: