Implementasi Pembelajaran Saintifik Melalui Analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Optik Geometri

Iis Rahmawati, Dedi Kuntadi, Diah Mulhayatiah

Abstract


Penelitian dilakukan karena rendahnya pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik atau 5M, dengan menerapkan analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) di kelas eksperimen dan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas kontrol, serta mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi optik geometri. Metode quasi exsperimental dengan the nonequivalent control group design digunakan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Plus Ulumul Qur'an Al Mustofa dengan jumlah 23 orang setiap kelasnya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen CoRe, instrumen PaP-eRs, RPP, lembar AABTLT with SAS, serta pretest dan posttest berupa 7 soal esai yang mengacu pada indikator pemahaman konsep. Hasil penelitian menujukan bahwa kemampuan PCK guru dikategori maturing PCK (level 3) hal tersebut berdasarkan dari instrumen PaP-eRs di kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 90,2 %. Sedangkan kesesuaian instrumen CoRe dan RPP di kelas eksperimen pada setiap pertemuan memiliki nilai rata-rata sebesar 94% dengan interpretasi sangat baik. Keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik tiap pertemuan di kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki persentase rata-rata sebesar 79  dan 51 , adapun perbedaan persentase antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 28 . Meningkatnya pemahaman konsep pada materi optik geometri dikategorikan sebagai peningkatan rata-rata sedang berdasarkan analisis N-gain di kelas eksperimen dengan skor rata-rata sebesar 0,62, sedangkan di kelas kontrol dengan skor rata-rata sebesar 0,36.

Kata Kunci: PCK, Pendekatan Saintifik, Pemahaman Konsep, CoRe dan PaP-eRs,Optik Geometri


Full Text:

PDF

References


Anwar, Y., & Madang, K. (2017, Oktober). Profil Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (Pck) Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Unsri. In Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021, 1(1), 381-390. https://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/705

Anwar, Y., Rustaman, N. Y., & Widodo, A. (2014, December). Hypothetical Model to Developing Pedagogical Content Knowledge (PCK) Prospective Biology Teachers in Consecutive Approach. International Journal of Science and Research (IJSR), 3(12), 138-143. https://repository.unsri.ac.id/45539/1/U1VCMTQyNTU%3D.pdf

Arnyana, I. B. (2014). Peranan Budaya Bali dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Seminar Nasional FMIPA Undiksha, 187-197. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/view/10482

Bohalima, Y. H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Jurnal Pendidikan, 1(1), 22-28. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.4

Dyer, L. (2009). Meningkatakan Kemampuan Bicara Anak. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Goodman, B. E. (2018). Best practices in active and student-centered learning in physiology classes. Advances in Physiology Education, 43(3), 417-423. doi:https://doi.org/10.1152/advan.00064.2018

Harahap, F. Z., & Roza, D. (2020). Pengembangan Modul Laju Reaksi Berbasis Pedagogical Content Knowledge (Pck) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal Of Innovation in Chemistry Education), 2(1), 46-50. https://doi.org/10.24114/jipk.v2i1.17853

Haripudin, H. M. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran: Menciptakan Pembelajaran Yang Kreatif dan Efektif (1 ed.). Jakarta: Prenada Media.

Hasan, S. N. (2023). Profil Kemampuan Pck (Pedagogical Content Knowledge) dan Kognitif Calon Guru Pendidikan Fisika Pada Pembelajaran Fisika Inti. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 397-403. https://doi.org/10.5281/zenodo.7575668

Magnusson, S., Krajcik, J., & Borko, H. (1999). Nature, sources, and development of pedagogical content knowledge for science teaching. The construct and its implications for science education, 95-132. https://doi.org/10.1007/0-306-47217-1_4

Muzaffar, A., Irfan, A., & Tabrani, T. Z. (2020). Kemampuan Pedagogical Content Knowledge Alumni Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Didaktika, 21(1), 41-60. http://dx.doi.org/10.22373/jid.v21i1.7129

Pratiwi, N. I. (2022). Ability Analysis of Pedagogical Content Knowledge of Prospective Teacher Students Majoring in Mathematics. Journal of Education and Learning Innovation, 2(2), 72-79. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline747

Purwoko, R. Y. (2017). Urgensi Pedagogicalcontent Knowledge Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(2), 42-55. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/article/view/4338

Rahayu, D. V., Muhtadi, D., & Ridwan, I. M. (2022). Pedagogical content knowledge guru dalam pembelajaran matematika daring. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 281-292. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.720

Rahayuni, K. M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMP Negeri Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2). https://doi.org/10.23887/ekuitas.v4i2.12789

Rayens, W., & Ellis, A. (2018). Creating a Student-Centered Learning Environment Online. Journal of Statistics Education, 26(2), 92–102.doi:https://doi.org/10.1080/10691898.2018.1475205

Rochintaniawati. (2018). Pedagogical Content Knowledge Depelopment Of Science Prospective Teachers In Professional Practice Program. Unnes Science Education Journal, 7(2). 119-128. https://doi.org/10.15294/usej.v7i2.23291

Rochman, C., Mahen, E. C., & Nasrudin, D. (2018). Authentic Assesment Based on Teaching and Learning Trajectory with Student Activity Sheet on Basic Physics Courses. Wahana Pendidikan Fisika, 3(1), 1-8. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10373

Sahrul, Mirawati, B., Majid, A., & Fajri, S. (2022). Korelasi Keterlaksanaan Pembelajaran Biologi Dengan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Reflection Journal, 2(1), 7-16.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprayanti, I., Ayub, S., & Rahayu, S. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 5 Jonggat Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(1) 30-35. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i1.285

Triyanto, S. A., Wahidin, W., Hartania, N., Solihat, A., & Sutrisno, S. (2022). Blended-problem based learning with integrated social media-based learning media in improving students’ critical thinking skills. Biosfer, 15(2), 242–254. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.25792

Wahyuni, S., Maison, M., & Hidayat, M. (2023). Identifikasi Miskonsepsi Five Tier Diagnostic Test Pada Materi Energi Dan Hukum Kekekalan Energi. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 45–53. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i1.4850

Wiggins, B. E. (2011). The absence of language and culture in e-learning design principles. In Proceedings of World Conference on E-Learning in Corporate, Government, Healthcare, and Higher Education. Chesapeake: VA: AACE., 474-479. https://doi.org/10.30935/cedtech/6090

Wijaya, E. Y. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika , 263-27. https://core.ac.uk/download/pdf/297841821.pdf

Zulhaida, A. (2018). Penyusunan instrumen analisis pedagogical content knowledge guru IPA Madrasah Tsanawiyah terintegrasi konten Islami. Edukasia Islamika, 234-248. https://doi.org/10.28918/jei.v3i2.1690




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v5i2.8681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats


Indexing by: