Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan LKPD Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia

Eliza Eliza, Ice Dwi Karlisa, Rina Eliia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKPD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Tahapan penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 5 Kota Bengkulu yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif, dengan menghitung nilai ketuntasan secara klasikal sehingga didapatkan persentase ketuntasan belajar. Pada penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKPD pada siklus I didapatkan persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 66%, kemudian setelah dilakukan siklus ke II persentase kemampuan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan berbantuan LKPD dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Keywords


Discovery Learning, LKPD, Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Andriani, D., Suprapto, P. K., & Triyanto, S. A. (2023). Pengaruh Media Kuis Interaktif Menggunakan Aplikasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 16(1), 11. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v16i1.67434

Anisatul Azizah. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1). 15-22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Ernanda, M., Suharsono, S., & Triyanto, S. A. (2022). The Effect of Implementing Problem Based Learning in Lesson Study on Students Critical Thinking Skills. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 15(2), 112–125. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v15i2.61383

Meriyana, R., Suprapto, P. K., & Hernawati, D. (2020). Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Sub Konsep Bryophyta dan Pteridophyta di Kelas X SMA IT Riyadlussholihin Sukaratu. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2) 64–78. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v2i2.2512

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/991

Purwanto, R. (2021). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Terhadap Mutu dan Kualitas Sekolah di SD Negeri Soko. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 1(4), 151–160. https://doi.org/10.52436/1.jpti.26

Qurniati, D. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Discovery Learning. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 11(1), 55–66. https://doi.org/10.31603/edukasi.v11i1.2677

Rosyida, F., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2016). Empowering Critical Thinking Skills by Remap TmPS (Reading Concept Map Timed Pair Share) Learning Model, 13(1), 209–214. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5700

Syafira, A. R., Salsabila, E., & Purwanto, S. (2021). Pengaruh LKPD Berbasis Discovery Terhadap Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Google Classroom. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 407–416. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i2.1406

Tarigan, E. B., Simarmata, E. J., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2294–2304. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1192

Triyanto, S. A., Wahidin, W., Hartania, N., Solihat, A., & Sutrisno, S. (2022). Blended-problem based learning with integrated social media-based learning media in improving students’ critical thinking skills. Biosfer, 15(2), 242–254. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.25792




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v5i2.9187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats


Indexing by: