Implementasi Filsafat Pendidikan Pancasila Sila Ke Tiga sebagai Landasan Karakter Siswa Kelas 5 Di SDN Gili Barat
Abstract
Penelitian ini menjelaskan tentang implementasi Pancasila sebagai landasan karakter siswa sekolah dasar. Berpacu pada Pancasila Sila ke-3 yaitu persatuan Indonesia. Permasalahan karakter seringkali terjadi pada anak usia sekolah dasar, diantaranya akibat pemahaman sikap benar dan salah yang minim dan kurangnya arahan dari pihak kedua yakni sekolah terkait pendidikan karakter. Pancasila sebagai ideologi memegang peranan penting dalam membangun karakter masyarakat Indonesia, sehingga Pancasila harus bisa dipahami dan ditanamkan pada diri bangsa melalui nilai-nilai yang terkandung dalam setiap butir Pancasila apalagi pada sila ketiga yakni persatuan indonesia agar anak atau siswa dapat meningkatkan persatuan dan kestauan antar sekolah dan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Pancasila pada sila ke-3, yang mana penumbuhan karakter siswa sekolah dasar dapat dikembangkan dengan cara meningkatkan suatu persatuan dan kesatuan antar siswa di sekolah khususnya pada siswa kelas 5. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dipilih seorang guru untuk diwawancarai yaitu guru kelas 5 di SDN Gili Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan nilai Pancasila sila ke-3 dapat membentuk karakter anak sekolah dasar yaitu dapat meningkatkan atau menumbuhkan kembali rasa persatuan dan kesatuan terhadap bangsa, melalui implementasi dalam pembelajaran dan disertai dengan pembiasaan melakukan bela negara berdasarkan arahan dari guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmodiharjo, Darji. 2011, Pokok-pokok Filsafat Hukum. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Dwiputri F.A & Anggraeni D. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(1), (1267-1273).
Hafid, A. (2013). Konsep dasar ilmu pendidikan. Alfabeta. Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional.
Hanum, A. (2018). Pembentukan Karakter Mahasiswa Melalui Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan. UIN Malang, (24-25).
Hikmah S,N & Dewi D, A (2021) Meninjau Sejauh Mana Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi, Jurnal Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Indonesia, 5(2).
H. Y. Raharja .(2019). Relevansi Pancasila Era Industry 4.0 dan Society 5.0 Di Pendidikan Tinggi Vokasi J. Digit. Educ. Commun. Arts 2(1) 11–20.
Jalaludin, & Abdullah. (2007). Filsafat Pendidikan Manusia, Filsafat dan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mustakim. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media Online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika Al asma: Journal of Islamic 2(1) 1–12, 2020.
Nurgiansyah. T.H (2020) Filsafat Pendidikan. Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumar, Jawa Tengah. CV Pena Persada Redaksi.
S. A. G. Pinilih. (2018). Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Hak Atas Kebebasan Beragama dan Beribadah di Indonesia. Masalah-Masalah Hukum, 47(1), 40-46. doi:10.14710/mmh.47.1.2018.40-46
Suyanto, S. (2013). Pendidikan Karakter: Nilai Inti Bagi Upaya Pembinaan Kepribadian Bangsa. Jakarta: Bumi Aksara.
Raharjo, T. (2020). Efektivitas pendampingan implementasi kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1).
Yassa, S. (2018). Pendidikan Pancasila Ditinjau dari Perspektif Filsafat (Aksiologi). Jurnal Citizenship, 1(1), 1–8.
DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v5i2.9371
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Indexing by: