Peran Guru PPKn dalam Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis

Sindy Sugiyarti, Patmisari Patmisari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru PPKn dalam penerapan profil pelajar Pancasila dimensi bernalar kritis yang digunakan dalam mata pelajaran PPKn kelas 8 di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura dalam upaya membentuk karakter siswa. Penelitian ini menggunakan jenis dan desain penelitian kualitatif deskriptif, dan hasilnya adalah deskripsi. Fokus penelitian adalah karakter bernalar kritis siswa dan guru PPKn di kelas delapan. Informan dalam penelitian ini adalah guru PPKn. Pengumpulan data dilakukan dengan melihat dan mempelajari dokumen. Analisis data melibatkan pengurangan data, penyampaian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi bernalar kritis profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran ditunjukkan melalui (1) rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) penggunaan media yang berbeda, dan (3) penerapan pembelajaran yang berbasis reflektif dan sesuai dengan kebutuhan belajar siswa.

Keywords


Peran Guru PPKn; Profil Pelajar Pancasila, Bernalar Kritis

Full Text:

PDF

References


Aisyah, N. F., Aini, K., Syarifah, S., Wicaksono, A., Hapida, Y., Habisukan, U. H., Nurokhman, A., Lestari, W., Oktiansyah, R., & Armanda, F. (2022). Menganalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas Xi Menggunakan Model Problem Based Learning. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 8(1), 60–66. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v8i1.12923

Ernanda, M., Suharsono, S., & Triyanto, S. A. (2022). The Effect of Implementing Problem Based Learning in Lesson Study on Students Critical Thinking Skills. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 15(2), 112–125. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v15i2.61383

Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis Dalam Modul Belajar Siswa Literasi Dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6132-6144. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3181

Etherington, M. (2011). Investigative Primary Science: A Problem-Based Learning Approach. Australian Journal of Teacher Education, 36(9), 36–57. https://doi.org/10.14221/ajte.2011v36n9.2

Juraidah, J., & Hartoyo, A. (2022). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 8(2), 105-118. https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i2.1719

Nofziarni, A., Hardiyanto, Fitria, Y., & Betri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.244

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learningdan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Sd. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645

Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Social : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Rini, A. F., Murtafiah, W., & Setyowati, R. (2023). Improving Problem Solving Skills through Problem Based Learning (PBL) for Students at SMAN 1 Jogorogo. Al Hikmah: Journal of Education, 4(2), 233–246. https://doi.org/10.54168/ahje.v4i2.173

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), Article 2. https://doi.org/10.22146/jkn.6761

Sabanil, S., Sarifah, I., & Imaningtyas, I. (2022). Peran Guru dalam Pelaksanaan Hidden Curriculum untuk Menumbuhkan Karakter Kebhinekaan Global Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6567-6579. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3306

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Santika, I. W. E. (2022). Penguatan Nilai-nilai kearifan lokal Bali dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6472

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, 1(1), 1-13 https://doi.org/10.29210/30032075000

Sutisna, D., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 29–33. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1236

Triyanto, S. A., Wahidin, W., Hartania, N., Solihat, A., & Sutrisno, S. (2022). Blended-problem based learning with integrated social media-based learning media in improving students’ critical thinking skills. Biosfer, 15(2), 242–254. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.25792

Widodo, S. (2017). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Melalui Isu-Isu Sosial Ekonomi Pasca Penggenangan Waduk Jatigede Dalam Pembelajaran Ips Di Smpn 2 Wado Kabupaten Sumedang Kelas Viii C. International Journal Pedagogy of Social Studies, 1(2), 275. https://doi.org/10.17509/ijposs.v1i2.4712




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v6i1.9642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats


Indexing by: