Peran Guru PPKn dalam Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, N. F., Aini, K., Syarifah, S., Wicaksono, A., Hapida, Y., Habisukan, U. H., Nurokhman, A., Lestari, W., Oktiansyah, R., & Armanda, F. (2022). Menganalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas Xi Menggunakan Model Problem Based Learning. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 8(1), 60–66. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v8i1.12923
Ernanda, M., Suharsono, S., & Triyanto, S. A. (2022). The Effect of Implementing Problem Based Learning in Lesson Study on Students Critical Thinking Skills. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 15(2), 112–125. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v15i2.61383
Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis Dalam Modul Belajar Siswa Literasi Dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6132-6144. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3181
Etherington, M. (2011). Investigative Primary Science: A Problem-Based Learning Approach. Australian Journal of Teacher Education, 36(9), 36–57. https://doi.org/10.14221/ajte.2011v36n9.2
Juraidah, J., & Hartoyo, A. (2022). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 8(2), 105-118. https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i2.1719
Nofziarni, A., Hardiyanto, Fitria, Y., & Betri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.244
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learningdan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Sd. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645
Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Social : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925
Rini, A. F., Murtafiah, W., & Setyowati, R. (2023). Improving Problem Solving Skills through Problem Based Learning (PBL) for Students at SMAN 1 Jogorogo. Al Hikmah: Journal of Education, 4(2), 233–246. https://doi.org/10.54168/ahje.v4i2.173
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), Article 2. https://doi.org/10.22146/jkn.6761
Sabanil, S., Sarifah, I., & Imaningtyas, I. (2022). Peran Guru dalam Pelaksanaan Hidden Curriculum untuk Menumbuhkan Karakter Kebhinekaan Global Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6567-6579. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3306
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
Santika, I. W. E. (2022). Penguatan Nilai-nilai kearifan lokal Bali dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6472
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, 1(1), 1-13 https://doi.org/10.29210/30032075000
Sutisna, D., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 29–33. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1236
Triyanto, S. A., Wahidin, W., Hartania, N., Solihat, A., & Sutrisno, S. (2022). Blended-problem based learning with integrated social media-based learning media in improving students’ critical thinking skills. Biosfer, 15(2), 242–254. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.25792
Widodo, S. (2017). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Melalui Isu-Isu Sosial Ekonomi Pasca Penggenangan Waduk Jatigede Dalam Pembelajaran Ips Di Smpn 2 Wado Kabupaten Sumedang Kelas Viii C. International Journal Pedagogy of Social Studies, 1(2), 275. https://doi.org/10.17509/ijposs.v1i2.4712
DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v6i1.9642
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Indexing by: