Tingkat pengetahuan gizi dan kebiasaan konsumsi sayur dengan status gizi pada mahasiswa Program Studi Gizi Universitas Siliwangi

Deris Sri Anjani, Taufiq Firdaus Al-Ghifari Atmadja, Prima Endang Susilowati

Abstract


Permasalahan gizi terjadi pada mahasiswa dapat disebabkan oleh kebiasaan konsumsi yang salah. Kebiasaan konsumsi makan yang tinggi lemak, gula dan rendahnya asupan serat. Kebiasaan konsumsi sayur dapat dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan gizi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan gizi dan kebiasaan konsumsi sayur dengan status gizi mahasiswa angkatan 2021 Program Studi Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Siliwangi tahun 2022. Metode penelitian ini yaitu survei analitik dengan rancangan cross-sectional. Populasi penelitian adalah mahasiswa angkatan 2021 Program Studi Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Siliwangi sebanyak 73 orang. Pengambilan subjek menggunakan teknik total sampling, subjek yang memenuhi kriteria sebanyak 68 orang. Analisis data menggunakan uji Spearman Rank. Data penelitian didapatkan dari pengisian kuesioner tingkat pengetahuan gizi, Frequency Questionnaire (FFQ), pengukuran berat badan dan tinggi badan. Hasil: menunjukan tidak ada hubungan tingkat pengetahuan gizi dengan status gizi, nilai signifikansi (p= 0,965).  Ada hubungan kebiasaan konsumsi sayur dengan status gizi, nilai signifikansi (p=0,005).


Full Text:

PDF

References


Mardalena I. Dasar-dasar Ilmu Gizi Dalam Keperawatan. Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Baru Press; 2017.

Kementerian Kesehatan RI. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2013.

Kementerian Kesehatan RI. Laporan Riskesdas Provinsi Jawa Barat. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2018.

Arza PA, Sari LN. Hubungan Konsumsi Sayur dan Buah dengan Status Gizi pada Remaja di SMP Kabupaten Pesisir Selatan. J Kesehat Kusuma Husada. 2021; 12(2):136–41.

Soraya D, Sukandar D, Sinaga T. Hubungan Pengetahuan Gizi, Tingkat Kecukupan Zat Gizi, dan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi pada Guru SMP. J Gizi Indones (The Indones J Nutr. 2017 ; 6(1):29–36.

Bakhtiar A, Afwihi MR, Harpowo, Sudibyo RP. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Konsumsi Buah dan Sayur Bagi Mahasiswa Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang. JASc (Journal Agribus Sci. 2020 ;3(2):105–11.

Charina MS, Sagita S, Koamesah SMJ, Woda RR. Hubungan Pengetahuan Gizi dan Pola Konsumsi dengan Status Gizi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. Cendana Med Journal. 2022; 23(1):197–204.

Ilham D, Dara W, Sari TW. Hubungan Pengetahuan Gizi dan Asupan Zat Gizi (Karbohidrat, Protein, Lemak, Zat Besi, dan Vitami C) dengan Status Gizi Mahasiswi Tingkat I Dan II Program Studi Gizi di Stikes Perintis Padang Tahun 2019 Relationship of Knowledge of Nutrition and Nutrition. J Kesehat Saintika Meditory. 2019; 2(1):81–92.

Arieska PK, Herdiani N. Hubungan Pengetahuan dan Pola Konsumsi dengan Status Gizi pada Mahasiswa Kesehatan. Med Technol Public Heal J. 2020;4(2):203–11.

Heratama NR, Kusnandar, Suminah. Konsumsi Sayur dan Buah, Aktivitas Fisik, dan Status Gizi Remaja. Al-Sihah Public Heal Sci J. 2021; 13(2):187.

Rizqi ER, Widawati, Marsela A. Konsumsi Sayur dan Buah dengan Status Gizi Mahasiswa SI Gizi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusan di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020: Hubungan Konsumsi Sayur dengan Status Gizi Mahasiswa. [Laporan Penelitian]. Riau: Universitas Tuanku Tambusai; 2020.




DOI: https://doi.org/10.37058/nsj.v2i2.5813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Nutrition Scientific Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stat View MyStat