DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics adalah jurnal peer-review ber-ISSN 2685-7723 yang terbit dua kali setahun (Juni dan Desember) oleh Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi dan bekerja sama dengan Himpunan Fisika Indonesia/Physics Society of Indonesia. Digital Object Identifier (DOI) yang diterbitkan oleh Crossref adalah http://dx.doi.org/10.37058/diffraction.
Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi nomor 0041/E5.3/HM.01.00/2023 tentang Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2022, Jurnal ini terakreditasi SINTA Peringkat 4.
DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Appplied Physics adalah forum ilmiah untuk menyampaikan kemajuan ilmiah di fisika pendidikan dan fisika terapan, meliputi:
- Pembelajaran fisika
- Penilaian pendidikan fisika
- Pengembangan media dan bahan ajar fisika
- Fisika terapan
____________________________________________________
INFORMASI JURNAL
- Nama Jurnal: DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics
- Inisial: Diffraction
- Singkatan: Diff.: J. Phy. Ed. App. Phy.
- ISSN (online): 2685-7723
- OAI: http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction/oai
- DOI: http://dx.doi.org/10.37058/diffraction
- Editor in Chief: Dr. Rahmat Rizal, M.Pd.
- Frekuensi Terbitan: dua kali setahun (Juni dan Desember)
- Penerbit: Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi berkolaborasi dengan Himpunan Fisika Indonesia
____________________________________________________
DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics telah terindeks
Vol 6, No 1 (2024)
Table of Contents
Article
Efektivitas Video Pembelajaran Berbasis PJBL-STEM Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Hukum Kekekalan Energi
DOI : 10.37058/diffraction.v6i1.6380
| Abstract views : 453 times |
PDF (Bahasa Indonesia) views : 227 times
Ino Angga Putra, Muhamad Dzikrulloh Avivudin, Novia Ayu Sekar Pertiwi
|
1-8
|
Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Berintegrasi Kearifan Lokal Menggunakan Kooperatif Tipe STAD untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains
DOI : 10.37058/diffraction.v6i1.8582
| Abstract views : 313 times |
PDF (Bahasa Indonesia) views : 151 times
Nuraina Nuraina, Mastuang Mastuang, Dewi Dewantara
|
9-19
|
Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan 3D Aplication Scratch Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Topik Gelombang Bunyi
DOI : 10.37058/diffraction.v6i1.9399
| Abstract views : 513 times |
PDF (Bahasa Indonesia) views : 242 times
Nurfadhilah Dwiyanti, Riki Perdana
|
20-29
|
Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika Kuantum
DOI : 10.37058/diffraction.v6i1.10107
| Abstract views : 334 times |
PDF (Bahasa Indonesia) views : 228 times
Asep Irvan Irvani, Nuryani Rustaman, Ida Kaniawati, Parlindungan Sinaga
|
30-38
|
Game Fisika Fluidy untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis
DOI : 10.37058/diffraction.v6i1.10299
| Abstract views : 340 times |
PDF (Bahasa Indonesia) views : 163 times
Ahmad Haekal Alfarouqy, Rahmat Firman Septianto, Yuvita Oktarisa
|
39-45
|
Aktivitas Seismik Gempa Bumi Laut Flores: Periode 30 Tahun
DOI : 10.37058/diffraction.v6i1.8836
| Abstract views : 600 times |
PDF (Bahasa Indonesia) views : 349 times
Azmi Khusnani, Adi Jufriansah, Konsenius Wiran Wae, Dwi Sulistyaningsih, Margiono Margiono
|
46-57
|