Pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gender
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan self-efficacy antara gender laki-laki dan perempuan, perbedaan kemampuan penalaran matematis antara gender laki-laki dan perempuan, dan pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gender. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode korelasional dengan desain penelitian expost facto. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 20 Tasikmalaya. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan mengunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling dari populasi yang ada. Terpilih kelas VII-B, VII-C, VII-D, VII-E sebagai kelas sampel dengan jumlah 102 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan memberikan tes kemampuan penalaran matematis, dan angket self-efficacy. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, Uji independent sample t-test, dan two way ANOVA. Berdasarkan pengolahan data, analisis data, dan pengujian hipotesis diperoleh hasil penelitian (1) Terdapat perbedaan self-efficacy antara gender laki-laki dan perempuan, (2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa antara gender laki-laki dan perempuan, (3) Tidak terdapat pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gender.
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v6i2.10563
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :