HUBUNGAN SELF-CONFIDENCE DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK PESERTA DIDIK YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL ELICTING ACTIVITIES (MEAs)
Abstract
kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya, sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas VII H. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi dan uji independensi dua faktor. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik dengan menggunakan model Elicting Activities (MEAs) melampaui ketuntasan ideal/klasikal; (2) Selfconfidence peserta didik setelah menerima pembelajaran dengan model Elicting Activities (MEAs)
berada pada kategori sedang; (3) Terdapat keterkaitan antara self-confidence dengan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik dengan menggunakan model Elicting Activities (MEAs); (4) Keseluruhan indikator pada self-confidence memiliki hubungan dengan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik. Kemampuan berpikir kreatif cenderung dipengaruhi oleh indikator percaya pada kemampuan sendiri, bertindak mandiri dalam mengambil keputusan, memiliki konsep diri yang positif dan berani mengungkapkan pendapat.
Full Text:
PDF 1-9References
Haeruman D L, Rahayu W & Ambarwati L 2017 Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis dan Self-Confidence Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMA Di Bogor Timur Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika 10(2) pp 157-168
Fiorentika K, Santoso B D & Simon M I 2016 Keefektifan Teknik SelfInstruction Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling 1(3) pp 104-111
Hendriana H, Rohaeti E E & Sumarmo U 2017 Hard Skills dan Soft Skills. Bandung (Indonesia: PT Refika Aditama)
Haylock D 1997 Recognising Mathematical Creativity in Schoolchildren ZDM Mathematics Education 29(3) pp 68-74
Moma L 2014 Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self-Efficacy dan Soft Skills Siswa SMP Melalui Pembelajaran Generatif Disertasi, pp 1-62
Moma L 2012 Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Generatif Siswa. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FKIP UNY (Yogyakarta: FKIP UNY)
Amalia Y, Duskri M & Ahmad A 2015 Penerapan Model Elicting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan SelfConfidence Siswa SMA Jurnal Didaktik Matematika 2(2) pp 38-48
Akhmad G P & Masriyah 2014 Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Model Elicting Activities (MEAs) pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII-A SMP Negeri 1 Lamongan Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 3(2) pp 97-102
Chamberlin S A & Moon S M 2005 Model-Elicting Activities as a Tool to Develop and Identify Creatively Gifted Mathmaticians The Journal of Secondary Gifted Education 17(1) pp 37-47
Istianah E 2013 Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik dengan Pendekatan Model Elicting Activities (MEAs) pada Siswa Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi 2(1) pp 43- 54
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v1i1.621
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :