ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR PESERTA DIDIK

Ikke Siti Muflihah, Nani Ratnaningsih, Vepi Apiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan koneksi matematis ditinjau dari gaya berpikir peserta didik dalam mengerjakan soal pada materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dengan melaksanakan tes gaya berpikir dan tes kemampuan koneksi matematis. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes gaya berpikir yang dirancang oleh Park John Lee Tellier dan instrumen tes kemampuan koneksi matematis. Penelitian dilaksanakan di VIII A MTs Negeri 6 Ciamis, dengan 8 orang peserta didik yaitu dua peserta didik dari masing-masing gaya berpikir secara purposive sampling berdasarkan jawaban peserta didik yang paling benar dan dapat memberikan informasi secara lisan mengenai hasil pekerjaannya. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan tahap-tahap yang meliputi reduksi data, pengujian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan gaya berpikir sekuensial konkret dan acak konkret memenuhi indikator
mengenali dan menggunakan hubungan di antara ide-ide matematika, memahami bagaimana ide matematika saling berhubungan dan saling membangun untuk menghasilkan keseluruhan yang koheren, serta mengenali dan menerapkan matematika dalam konteks di luar matematika. Sedangkan peserta didik dengan gaya berpikir sekuensial abstrak hanya memenuhi indikator mengenali dan menggunakan hubungan di antara ide-ide matematika, serta mengenali dan menerapkan matematika dalam konteks di luar matematika. Peserta didik dengan gaya berpikir acak abstrak hanya memenuhi indikator mengenali dan menggunakan hubungan di antara ide-ide matematika, serta memahami bagaimana ide matematika saling berhubungan dan
saling membangun untuk menghasilkan keutuhan yang koheren.


Full Text:

PDF 68-77

References


Deporter, B., & Hernacki, M. (2016). Quantum learning : Unleasing the genius in you [Quantum learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan] (A. Abdurrahman, Trans.). Bandung, Indonesia: Kaifa.

Kementrian dan Pendidikan Kebudayaan. (2014). Lampiran III peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 58 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah

Kholiqowati, H., Sugiarto, S., & Hidayah, I. (2016). Analisis kemampuan representasi matematis ditinjau dari karakteristik cara berpikir peserta didik dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3), 234—242

Kurniawati, W. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah menurut polya dalam pembelajaran problem based learning berdasarkan gaya berpikir gregorc siswa kelas VII SMP Negeri 1 gondang tahun ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Lestanti, M. M. (2015). Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa dalam model problem based learning (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang). Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/22273/1/4101411118-s.pdf.

Lestanti, M. M., Isnarto, I., & Supriyono, S. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa dlaam model problem based learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1)

National Council of Teachers of Mathematics. (2003). NCATE/NCTM program standards programs for initial preparation of mathematics teachers. Standards for secondary mathematics teachers. Process standards. Pedagogy. Content standards. Field-based experiences standard

Rahayu, G. D., & Firdausi, F. (2016). Pengaruh gaya berpikir terhadap kemampuan koneksi matematis mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 9(2), 210—221

Sari, A. S., & Khotimah, R. P. (2017). Analisis kemampuan koneksi matematika siswa pada materi teorema pythagoras ditinjau dari gaya kognitif di kelas VIII SMP Negeri 1 Jatiroto Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta

The National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, USA: Author

Yunus, S.B, M. (2014). Mindset revolution optimalisasi potensi otak tanpa batas. Yogyakarta, Indonesia : Jogja Bangkit Publisher




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v1i1.628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal