KONTROL SISTEM CHARGING PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BAYU PT. LENTERA BUMI NUSANTARA BERBASIS INTERNET of THINGS (IoT)

Angga Laksana, Sutisna Sutisna, Firmansyah Maulana Sugiartana Nursuwars

Abstract


PT. Lentera Bumi Nusantara merupakan pusat penelitian turbin angin yang dikembangkan di daerah Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya. Ditempat ini  pengembangan sumber energi alam menjadi pusat penelitian, salah satunya yaitu sumber energi listrik angin. Fokus pengembangannya yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Bayu skala micro yang diberi nama Wind Luce (YWS-500) disebut juga A-WING. Kontrol sistem charging pembangkit listrik tenaga bayu ini masih dalam tahap pengembangan, dikarenakan dalam kontrol sistem charging untuk baterai masih menggunakan sistem manual yaitu melakukan pengukuran secara langsung ke tempat menggunakan  alat ukur digital dan pencatatan. Sehingga, permasalahan yang harus di selesaikan yaitu bagaimana memperoleh data kontrol sistem charging pada baterai dan dapat diakses melalui jarak jauh secara realtime. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi literatur, obsevasi, perancangan sistem, pengumpulan kebutuhan sistem, pengujian unit, perakitan sistem, pengujian sistem, dan menganalisis hasil pengujian. Proses kontrol sistem charging  pada pembangkit listrik tenaga bayu ini untuk memperoleh data baterai melalui jarak jauh secara realtime menggunakan sistem online yang terhubung dengan jaringan internet atau menggunakan Internet of Things (IoT) yang nantinya data dapat diketahui dengan mudah. Hasil dari pengujian kontrol sistem charging ini memiliki nilai maksimum dan minimum pada setiap besaran listrik yang terukur oleh kontrol sistem charging. Pada charging measurement mempunyai nilai tegangan maksimum sebesar 26,65 Volt dan minimumnya sebesar 23,92 Volt sedangkan nilai charging current maksimum sebesar 7,77Ampere. Kemudian untuk charging power memiliki 3 nilai yaitu nilai Average Charging Wattage 24,48 Watt, nilai Maximum Charging Wattage 206,15 Watt dan Obtained Power 587,32 wh. Kontrol  ini dapat memperoleh data kontrol sistem charging pada baterai wind turbine secara realtime melalui jarak jauh. Sehingga, pembuatan kontrol sistem charging ini  lebih memudahkan dalam melakukan kontrol pada baterai dengan tampilan yang disajikan pada website dan display LCD, dengan menggunakan ESP32 sebagai pengolah data serta sebagai  penghubung ke jaringan internet.


Full Text:

PDF

References


I. N. Zahra, “Pengenalan Teknologi Pemanfaatan Energi Angin,†Pengenalan Teknol. Pemanfaat. Energi Angin, vol. 1, pp. 1–4, 2008.

A. H. Ikhwanul Ikhsan, “Analisis Pengaruh Pembebanan Terhadap Kinerja Kincir Angin Tipe Propeller Pada Eind Turbine Sederhana,†2011.

A. Bachtiar and W. Hayyatul, “Analisis Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Angin PT. Lentera Angin Nusantara (LAN) Ciheras,†J. Tek. Elektro ITP, vol. 7, no. 1, pp. 34–45, 2018, doi: 10.21063/jte.2018.3133706.

B. Chaniago and A. Hamzah, “Analisa dan Desain Monitoring Pembangkit Listrik Tenaga Angin dengan Menggunakan Web dan Arduino,†vol. 5, pp. 1–6, 2018.

H. Piggott, T. Kirby, and H. Piggott, “Wind power Workshop Windpower Workshop BUilding Your Own Wind Turbine.â€

N. Hiron, A. Andang, and H. Setiawan, “Batch Processing Method in Machine to Machine Wireless Communication as Smart and Intelligent System,†Int. J. Futur. Comput. Commun., vol. 5, no. 3, pp. 163–166, 2016, doi: 10.18178/ijfcc.2016.5.3.464.

D. J. Ayub Subandi, “Sistem Pemantauan Pembangkit Listrik Tenaga Angin Berbasis Mikrokontroler Dan Website,†no. November, pp. 41–52, 2015.

Y. Efendi, “Internet Of Things (Iot) Sistem Pengendalian Lampu Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Mobile,†J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 4, no. 2, pp. 21–27, 2018, doi: 10.35329/jiik.v4i2.41.




DOI: https://doi.org/10.37058/jeee.v3i1.3390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Energy and Electrical Engineering (JEEE)
Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jeee@unsil.ac.id
e-ISSN: 2720-989X


INDEXED BY: