Strategi Pengembangan Multiple Intellegence Dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Nadiya Iffatus Zahroh, Efrilia Khoirotun Hisan, Armelia Putri Nanda Halizah

Abstract


Salah satu faktor dari rendahnya minat dan keberhasilan pembelajaran Bahasa arab adalah kurangnya perhatian guru terhadap keberagaman potensi dan kecerdasan setiap siswa. Masing-masing  peserta  didik  diyakini  memiliki dominasi kecerdasan yang tidak selalu sama antar  sesama. Maka dalam penelitian ini dibahas tentang bagaimana seorang pendidik meningkatkan kecerdasan yang terdapat dalam diri peserta didiknya. Dengan menggunakan data yang diperoleh melalui penelitian pustaka yang terdapat diberbagai buku, makalah, dan berbagai sumber lainnya. Disamping itu juga diperoleh data melalui media internet. Hasil analisis data diperoleh bahwa manusia memiliki delapan kecerdasan dalam dirinya. Akan tetapi, kecerdasan yang akan menonjol hanya satu atau dua macam yang perlu dilatih dan ditingkatkan sehingga kecerdasan tersebut menjadi maksimal dan mampu mengatur kehidupan menjadi lebih baik. Sehingga guna mengoptimalkan pembelajaran bahasa arab, penerapan konsep Multiple Intelligence harus dilakukan.

Keywords


Pembelajaran Bahasa Arab; Multiple Intelligence;, Strategi

Full Text:

PDF

References


Ahmad.M., S. (2018). Interaksi & Motivasi Belajar-Mengajar. Rajawali Pers.

AH, H. F., Arief, Z. A., & Muhyani, M. (2019). Strategi Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Arab. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 112–127. https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i1.1843

Ahmad, Z. A. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teori Multiple Intelligence. Al Mahāra, 1(1), 2477–5827. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/almahara/article/view/2015.011-01/1638

Albab, U. (2019). Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab sebagai Bahasa Asing. TAMADDUN: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam, 19(1), 32–48. https://doi.org/10.19109/tamaddun.v19i1.3398

Aryani, A. D., Sudjito, D. N., & Sudarmi, M. (2014). Model Pembelajaran Berdasarkan Teori Multiple Intellegence Yang Dominan Dalam Kelas Pada Materi Tekanan. Edusains UIN Syarif Hidayatullah, 6(2), 58981. https://doi.org/10.15408/ES.V6I2.1114

Bahasa, B. P. dan P. (n.d.). Hasil Pencarian - KBBI Daring.

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Engel. (2014). Kebiasaan Belajar. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2(3), 7–18.

Fatoni, A. (2019). Peran Motivasi Belajar Bahasa Arab Terhadap Aktivitas Pembelajaran: Studi Kasus Mahasiswa Pba Universitas Muhammadiyah Malang. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 18(2), 183–202. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v18i2.1869

Fulan. (n.d.). Problematika Penerapan Strategi Pembelajaran berbasis Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk) dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di SD Al-Khairiyah 1 Surabaya. Fakultas Tarbiyah, IAIN Sunan Ampel, Surabaya.

Gunawan, A. W. (2006). Genius Learning Strategy : Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning (Cetakan 3). PT Gramedia Pustaka Utama.

Hasibuan, J. J. (1986). Proses belajar mengajar. Remadja Karya. https://lib.ui.ac.id

Hidayat, N. S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Oleh: Nandang Sarip Hidayat. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1).

Muafiah, E. (2011). Strategi Pembelajaran Multiple Intelligences Di Tk / Ra. Jurnal STAIN Ponorogo, 2(34), 68.

Muharramah, Y. W. (2019). Strategi Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences).LISANUNA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 8(2), 207. https://doi.org/10.22373/ls.v8i2.4564

Musfiroh, T. (2014). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Paud4404/Modul 1, 1–60.

Nayazik, A. (2017). Pembentukan Keterampilan Pemecahan Masalah Melalui Model IDEAL Problem Solving Dengan Teori Pemrosesan Informasi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 182–190. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.7163

Rehalat, A. (2016). Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 1. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i2.1625

Shodiq, M. J. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab Aktif-Inovatif Berbasis Multiple Intelligences. Al MahāraJurnal Pendidikan Bahasa Arab. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/almahara/article/view/2018-041-07/1489

Surya, S. (2007). Melejitkan Multiple Intelligence Anak Sejak Dini. Andi.

Susanti, S. (2020a). Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 57. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i2.2777

Susanti, S. (2020b). Multiple Intellegences dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i2.2777

Susanto, H. (2005). Penerapan Multiple Intelligences dalam Sistem Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur.

Winarti, A., Yuanita, L., & Nur, M. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran “Cerdas” Berbasis Teori Multiple Intelligences Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(1). https://doi.org/10.21831/jk.v45i1.7183




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v5i1.7804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats


Indexing by: