Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Dinamis

Resty Ilema, Aripin Aripin, Rahmat Rizal

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini adalah tuntutan pembelajaran yang harus relevan dengan perkembangan abad 21 dan rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif TPS terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi fluida dinamis serta mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis yang ditunjukkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 172 siswa dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 dengan jumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 4 yang berjumlah 35 siswa untuk kelas kontrol. Teknik sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Tes yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes pilihan ganda beralasan terbuka yang dikembangkan secara mandiri dan memenuhi kriteria valid. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari uji normalitas dan uji homogenitas, hasil tes dari kedua kelas tersebut dikatakan normal dan homogen. Hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai thitung 4.50 lebih besar sama dengan dari ttabel yaitu 1,67, maka H0 ditolak. Ini berarti bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan model pembelajaran TPS terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA di salah satu SMA negeri Kota Tasikmalaya. Selain itu dengan menggunakan perhitungan rata-rata N-Gain ditemukan bahwa peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa adalah sebesar 0,70 dengan kategori sedang.

Keywords


Fluida Dinamis, Keterampilan Berpikir Kritis, Model kooperatif, Think Pair Share (TPS)

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v5i1.8233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats


Indexing by: