Hubungan antara Self-regulated Learning dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Sub Konsep Ekosistem

Hanis Rachna Ningrum, Frista Mutiara, Suharsono Suharsono, Vita Meylani

Abstract


Faktor yang mendukung keberhasilan belajar seseorang diantaranya adalah faktor internal. Salah satunya berupa kemampuan seseorang untuk mengatur dan memberi arah pada dirinya sendiri sehingga mampu memperoleh hasil belajar yang maksimal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan atara self regulated learning dengan hasil belajar peserta didik pada sub konsep ekosistem di kelas XI MIPA tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2020 sampai dengan bulan September 2020 disalah satu SMAN di Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI MIPA dengan jumlah 261 orang. sampel yang diambil dengan menggunkan teknik simple random sampling, sehingga penelitian ini mengambil sampel 7 orang dari setiap kelas XI MIPA dengan jumlah 8 kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 instrumen yaitu instrumen angket Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) bagian self regulated learning yang diadopsi dari penelitian sebelumnya dan instrumen tes yang berupa soal pilihan majemuk pada materi sub konsep ekosistem yang berjumlah 36 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi bivariat person dengan taraf signifikansi (É‘)=5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara self regulated learning dengan hasil belajar peserta didik pada materi sub konsep ekosistem (R=0,502). Besar kontribusi dari self regulated learning terhadap hasil belajar sebesar 25,2%.

Keywords


Korelasi; Self-regulated learning; Hasil belajar; Ekosistem

Full Text:

PDF

References


Andriani, D., Suprapto, P. K., & Triyanto, S. A. (2023). Pengaruh Media Kuis Interaktif Menggunakan Aplikasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 16(1), 11. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v16i1.67434

Apranadyanti, N. (2010). Hubungan Antara Regulasi Diri dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas X SMK Ibu kartini Semarang. Skripsi, Universitas Diponegoro.

Cheng, E. C. K. (2011). The role of self-regulated learning in enhancing learning performance. The International Journal of Research and Review, 6(1), 1–17. Retrieved from https://repository.eduhk.hk/en/publications/the-role-of-self-regulated-learning-in-enhancing-learning-perform-7

Creswell, J. W. (2016). Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2008). How to Design and Evaluate Reseacrh in Education Seventh Edition. In How to Design and Evaluate Research in Education Seventh Edition (7th ed., p. 90).

Graham, S., & Harris, K. R. (1993). Self-regulated strategy development: Helping students with learning problems develop as writers. American Psychologycal Association, 94(2), 169–181. https://doi.org/10.1086/461758

Hernawan, E. (2018). Dasar-Dasar Perencanaan Penelitian. Tasikmalaya: LPPM Universitas Siliwangi.

Kemendikbud RI. UU Nomor 20 Tahun 2003, (2003).

Latipah, E. (2010). Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar: Kajian Meta Analisis. Jurnal Psikologi, 37(1), 110 – 129. https://journal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7696

Nabiila, A., & Mustofa, R. F. (2020). Korelasi Antara Kecerdasan Emosional Dengan Self Regulated Learning Di SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya. Bioedukasi, (May), 10–17. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v11i1.2816

Nurfiani, H. (2015). Survei Kemampuan Self-Regulated Learning (SRL) Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kalasan. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Pintrich, P. R., Roeser, R. W., & De Groot, E. A. (1994). Classroom and individual differences in early adolescents’ motivation and self-regulated learning. The Journal of Early Adolescence, 14(2), 139–161. https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/027243169401400204

Pintrich, Paul R., & Groot, E. V. De. (1990). Motivational and self-regulated learning components of classroom. Journal of Educational Psychology, 82(1), 33–40.

Rahayu, R., Yusmansyah, & Utaminingsih, D. (2017). Hubungan antara regulasi diri dengan prestasi belajar siswa. ALIBKIN, 5(5), 51–64. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/14393

Rianatha, L., & Sawitri, D. R. (2015). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Guru-Siswa Dengan Self-Regulated Learning Pada Siswa Sman 9 Semarang. Jurnal EMPATI, 4(2), 209–213. https://www.neliti.com/id/publications/61753/hubungan-antara-komunikasi-interpersonal-guru-siswa-dengan-self-regulated-learni

Ruliyanti, B. D., & Laksmiati, H. (2014). Hubungan antara Self Efficacy dan Self Regulated Learning dengan Prestasi Akademik Matematika Siswa SMAN 2 Bangkalan. Character, 3(2), 1–7. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/10976

Setiawati, N.A., Djuhartono, T.,& Mursito, H. (2018). Persepsi Guru Tentang Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Research and Journal Development Journal of Education. 4(2), 3-15. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/3374/2349

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2010). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Utari, A., Hadi, S., & Rasto. (2014). Pengaruh self regulated learning (SLR) terhadap prestasi belajar siswa pada materi ekonomi. Social Science Education Journal, 5(1), 8–14. Retrieved from http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK

Triyanto, S. A., Wahidin, W., Hartania, N., Solihat, A., & Sutrisno, S. (2022). Blended-problem based learning with integrated social media-based learning media in improving students’ critical thinking skills. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 15(2), 242–254. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.25792

Zimmerman. (1989). A social cognitive view of self-regulated academic learning. Journal of Educational Psychology, 81(3), 329. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0022-0663.81.3.329

Zimmerman, B. J. (1990). Self-regulating academic learning and achievement: The emergence of a social cognitive perspective. Journal of Educational Psychology, 82(2), 173–201. https://link.springer.com/article/10.1007/BF01322178/




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v5i1.8394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ningrum et al.,

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

View Metaedukasi Stats


Jurnal ini terindeks oleh: