Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Monopoli Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Gender

Fiqri Maulana, Ati Sadiah, Raden Roro Suci Nurdianti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMAN 1 Ciamis yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model make a match berbantuan media monopoli dalam meningkatkan hasil belajar siswa, perbedaan hasil belajar sesuai gender, dan interaksi model pembelajaran terhadap gender pada mata pelajaran ekonomi materi kerjasama ekonomi internasional. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis eksperimen semu, dengan desain menggunakan desain faktorial 2x2, serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Ciamis pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 117 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 2 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua jalur dengan α 0.05. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa laki-laki dan perempuan. Dan terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan gender.

Keywords


Hasil Belajar Gender Make a Match Monopoli

Full Text:

PDF

References


Apriliani, Kartika. Ilah. Dedeh. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Baregbeg. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Vol 4, No. 1 (62-69)

Desta, Okti, Maharani. Tri, Kristin, Firosalia. 2017. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Penmebalajaran Kooperatif Tipe Make a Match. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan. Vol 1, No. 1 (1- 12).

Desyawati, Kadek. Maria, Goreti. Agung, I Gusti. 2021. Media Permainan Monopoli Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol 5. No. 2 (168-174).

Fitriani, Anita. Prayogi, Saiful. Hidayat, Samsun. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain, Write (POEW) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Ditinjau Dari Jenis Kelamin Kelas XI IPA SMAN 1 Empang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “Lensaâ€. Vol 3, No. 1 (227-232)

Kurniawati, Dewi Made Ni. Suardana, Nyoman. Sudiatmika, Rai Agung Istri A. A. 2021. Dampak Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Gender/Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 5, No. 3 (521-532)

Nurohma, Siti. Karyadi, Bhakti. Irawati, Sri. 2018. Penerapan Model Kooperatif Make a Match Dengan Media Kartu QA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Diklabio : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. Vol 2, No. 1 (1-4)

Oksara, Winda. Nirwana, Herman. 2019. Perbedaan Motivasi Belajar Antara Siswa Laki-Laki dan Siswa Perempuan. Jurnal Neo Konseling. Vol 1, No. 2 (1-8)

Saputro, Aji, Dimas. Trapsilasiwi, Dinawati. Setiawani, Susi. 2021. Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal of Mathematics Education and Learning. Vol 1, No. 1 (1-8).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA CV.

Ulpa, Maria. 2014. Gender dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Yin Yang. Vol 9, No. 2 (264-272).

Yulianti, Tiara. Muhammadi. Fitria, Yanti. Ningsih, Yarisda. 2020. Efektivitas Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 4, No. 2 (1320-1334).




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v5i1.8517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fiqri Maulana, Ati Sadiah, Raden Roro Suci Nurdianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

View Metaedukasi Stats


Jurnal ini terindeks oleh: