KEBIASAAN MEMBACA LABEL PANGAN DAN INFORMASI NILAI GIZI PADA MAHASISWA SJMP SEKOLAH VOKASI IPB UNIVERSITY

Nurafi Razna Suhaima, Aulia Irhamni Fajri, Keysa Rahmadiasti

Abstract


Label pangan dan informasi nilai gizi berperan penting dalam mendukung konsumen membuat keputusan pangan yang sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kebiasaan membaca label pangan dan pemahaman Informasi Nilai Gizi pada mahasiswa Program Studi Supervisor Jaminan Mutu Pangan (SJMP), Sekolah Vokasi, IPB University. Metode yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan penyebaran kuesioner secara daring kepada 85 responden. Hasil menunjukkan bahwa responden memiliki kebiasaan membaca label pangan (91,8%), dan table ING (83,5%). Informasi yang paling sering diperhatikan adalah merek dagang (77,6%), tanggal kedaluwarsa (72,9%), dan logo halal (70,6%). Adapun komponen yang paling diperhatikan dalam tabel ING adalah gula (54,1%) dan vitamin/mineral (40%). Dalam hal ini, tingkat keterpaparan informasi berhubungan dengan pengetahuan dan kebiasaan membaca label. Temuan ini menunjukkan perlunya penguatan edukasi mengenai informasi nilai gizi, serta pentingnya pertimbangan implementasi sistem Front-of-Pack Nutrition Labeling (FoPNL) untuk meningkatkan keterbacaan dan pemahaman label oleh generasi muda.


Full Text:

PDF

References


I. R. Ikrima, P. E. Giriwono, dan W. P. Rahayu, “Pemahaman dan Penerimaan Label Gizi Front of Pack Produk Snack oleh Siswa SMA di Depok,” Jurnal Mutu Pangan, vol. 10, no. 1, hlm. 42–53, Apr 2023, doi: 10.29244/jmpi.2023.10.1.42.

L. Badriyah dan A. Syafei, “Persepsi dan Perilaku Membaca Label Pangan dan Informasi Gizi pada Siswa SMK Wijaya Kusuma,” Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, vol. 8, no. 4, hlm. 167–174, 2019, doi: 10.33221/jikm.v8i04.401.

Kementerian Kesehatan, “Survei Kesehatan Indonesia 2023,” 2023.

BPOM, Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor

HK.03.1.23.11.11.09605 TAHUN 2011 tentang Perubahan Atas Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor HK.00.06.51.0475 Tahun 2005 tentang Pedoman Pencantuman Informasi Nilai Gizi pada Label Pangan. Indonesia, 2011.

I. Ratna Palupi, N. Dhian Naomi, dan J. Susilo, “Penggunaan Label Gizi dan Konsumsi Makanan Kemasan pada Anggota Persatuan Diabetisi Indonesia,” Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, vol. 11, no. 1, hlm. 1–8, 2017.

B. Asgha, “Analisa Penggunaan Label Informasi Nilai Gizi pada Produk Pangan oleh Konsumen di Kota Semarang,” Jurnal Buletin Studi Ekonomi, vol. 21, no. 2, hlm. 128–135, Agu 2016.

N. T. Dewi, L. Yunita, N. M. W. Sukanty, dan F. Ariani, “Edukasi Label Informasi Nilai Gizi Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Kemampuan Membaca Label Gizi Siswa di SMAN 5 Mataram,” Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 1, hlm. 246–252, Jun 2023, doi:10.35311/jmpm.v4i1.225.

N. O. Oktarini, S. R. Nadhiroh, dan T. S. Nindya, “Jenis Kelamin dan

Pengetahuan dengan Kebiasaan Membaca Label Informasi Nilai Gizi di

Kalangan Mahasiswa,” Adi Husada Nursing Journal, vol. 2, no. 2, hlm. 49–52, Des 2016.

D. Su, J. Zhou, H. L. Jackson, G. A. Soliman, T. T. K. Huang, dan A. L. Yaroch, “A sex-specific analysis of nutrition label use and health, Douglas County, Nebraska, 2013,” Prev Chronic Dis, vol. 12, no. 9, 2015, doi: 10.5888/pcd12.150167.

A. D. Novitamanda, N. Prayitno, dan I. Nurdianty, “Information exposure relating with reading behavior on packaged food product among college students in Fikes Uhamka,” ARGIPA (Arsip Gizi dan Pangan), vol. 5, no. 2, hlm. 92–99, Nov 2020, doi: 10.22236/argipa.v5i2.3968.

I. Dwijayanti, K. Dwi Juliani, dan I. Artikel, “Literatur Review: Hubungan Pengetahuan Terkait Label Pangan dengan Sikap dan Kepatuhan Membaca Label pada Kelompok Usia Produktif di Indonesia,” Media Gizi Ilmiah Indonesia, vol. 2, no. 2, hlm. 96–108, 2024.

D. R. Fitri, “Tingkat Kepatuhan Membaca Label Pangan pada Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB Angkatan 57,” IPB University, 2024.




DOI: https://doi.org/10.37058/nsj.v4i1.15088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Nutrition Scientific Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stat View MyStat