Kebiasaan Sarapan, Kualitas Tidur, dan Screen Time Terhadap Konsentrasi Belajar SMP Kartika X-1 Bandung
Abstract
ABSTRACT
The ability to concentrate on learning is very important in supporting students’ academic achievements. Learning concentration is influenced by various lifestyle factors such as breakfast habits, sleep quality, and gadget screen time. This study aims to determine how the relationship between these three variables affects students’ learning concetration at SMP Kartika X-1 Bandung. This analytical observational research uses a cross-sectional approach involving 143 subjects from grades VII and VIII, selected through proportionate stratified random sampling techniques. The research instruments included a breakfast habits questionnaire, the Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI), a gadget screen time questionnaire, and a learning concentration questionnaire. The result show that (52.4%) of respondents have requent breakfast habits, (49%) have sufficient sleep quality, (74.1%) have excessive screen time, and (41.3%) have low learning concentration. Bivariate analysis shows that breakfast habits p=0.011, sleep quality p=0.000, and gadget screen time p=0.012 are significantly relate to students’ concentration (p<0.05)
ABSTRAK
Kemampuan dalam konsentrasi belajar sangat penting dalam mendukung prestasi akademik siswa. Konsentrasi belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor gaya hidup seperti kebiasaan sarapan, kualitas tidur, dan screen time gadget. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan bagaimana hubungan antara ketiga variabel ini mempengaruhi konsentrasi belajar siswa di SMP Kartika X-1 Bandung. Penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional yang melibatkan 143 subjek dari kelas VII dan VIII, yang dipilih melalui teknik proportionate strastified random sampling. Instrumen penelitian meliputi kuesioner kebiasaan sarapan, Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI), kuesioner screen time gadget, dan kuesioner konsentrasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (52.4%) responden memiliki kebiasaan sarapan yang baik, (49%) memiliki kualitas tidur yang cukup, (74.1%) memiliki screen time berlebihan, dan (41,3%) memiliki konsentrasi belajar yang rendah. Analisis bivariat menunjukkan bahwa kebiasaan sarapan p=0.011, kualitas tidur p=0.000, dan screen time gadget p=0.012 secara signifikan berkaitan dengan konsentrasi belajar siswa (p<0.05).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
H. A. Zebua, “Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Konsentrasi Belajar Mahasiswa STIKes Sanra Elisabeth Medan,” MEDAN, 2021.
N. Raihanah, Arman, K. Alwi, Sumiaty, and Septiyanti, “Hubungan Kebiasaan Sarapan Dan Kualitas Tidur Dengan Konsentrasi Siswa Di SMP Anak Indonesia Baznas Kota Makassar,” Window of Public Health Journal, vol. 5, no. 5, pp. 729–40, Oct. 2024, Accessed: Apr. 13, 2025. [Online]. Available: http://jurnal.fkm.umi.ac.id/index.php/woph/article/view/woph5515
A. Virginia, T. Sudyasih Prodi Ilmu Keperawatan, F. Ilmu Kesehatan, A. Yogyakarta Prodi Ilmu Keperawatan, and A. Yogyakarta, “Hubungan kebiasaan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar di SMP Muhammadiyah 1 Minggir,” Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, vol. 2, 2024, Accessed: Mar. 30, 2025. [Online]. Available: https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/511
A. Wafiq Haizah, I. Solihati Embrik, and A. Pratiwi, “Pengaruh Sarapan Pagi Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Anak Kelas V Di SDN 04 Tigaraksa,” Gudang Jurnal Ilmu Kesehatan, vol. 2, no. 2, pp. 323–328, Aug. 2024, doi: 10.59435/gjik.v2i2.864.
D. Agustin, “Hubungan Kualitas Tidur Dengan Konsentrasi Belajar Pada Remaja,” Jombang, 2025.
F. Musharyadi and Febriyanti, “Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone Dengan Kecenderungan Nomophobia Pada Remaja,” Jurnal Menara Medika, vol. 6, no. 2, pp. 186–5, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaramedika/index
I. Kamaruddin, F. S. Leuwol, R. P. Putra, M. Aina, D. M. Suwarma, and R. Zulfikhar, “Dampak Penggunaan Gadget pada Kesehatan Mental dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah,” Journal on Education, vol. 06, no. 01, pp. 307–316, Jul. 2023.
Harnimayanti and L. Rosida, “Gambaran Penggunaan Gadget Pada Remaja Di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Godean,” Jurnal Ilmu Psikologi Dan Kesehatan, vol. 1, no. 4, pp. 279–292, Mar. 2025, Accessed: May 27, 2025. [Online]. Available: https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jfkes
N. S. Rantyas, “hubungan antara kebiasaan sarapan pagi dan konsentrasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta tahun angkatan 2020,” Jakarta, Feb. 2022.
I. P. H. Aryadi, K. Ariawati, and I. G. N. M. Suwarba, “Hubungan antara Kebiasaan Sarapan dengan Tingkat Memori pada Siswa Sekolah Dasar Negeri di Kota Denpasar,” Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, vol. 29, no. 3, pp. 197–204, Dec. 2019, doi: 10.22435/mpk.v29i3.1536.
D. F. Herayeni, R. Hernanda, W. P. Wijayanto, and A. E. Setiawan, “Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Konsentrasi Belajar Pada Anak di SD Mis Sa Al-Husna Purbolinggo,” Health Research Journal of Indonesia (HRJI), vol. 3, no. 1, pp. 20–28, Oct. 2024.
U. Khairiyah, P. Mariati, M. Nursalim, and D. Rahmasari, “PERLUNYA BRAIN GYM UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, vol. 10, no. 1, pp. 119–126, Feb. 2023, doi: 10.38048/jipcb.v10i1.1262.
P. S. Salsabila and S. Nareswari, “Pengaruh Sarapan terhadap Konsentrasi Belajar,” Medula, vol. 13, no. 1, pp. 146–150, Jan. 2023.
E. J. Marantika, “HUBUNGAN GANGGUAN POLA TIDUR DENGAN KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA NERS TINGKAT 3 STIKES SANTA ELISABETH MEDAN TAHUN 2022,” Medan, 2022.
M. Luhulima, L. Yemina, S. M. Pangaribuan, and S. H. Widiastuti, “Hubungan Kualitas Tidur dengan Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa keperawatan Tingkat Akhir,” Jurnal Keperawatan Cikini, vol. 5, no. 2, pp. 143–150, Jul. 2024, [Online]. Available: https://jurnal.akperrscikini.ac.id/index.php/JKC
I. K. Winata, “Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Komunikasi Pendidikan, vol. 5, no. 1, pp. 13–24, 2021, [Online]. Available: www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik
I. Gustiawati and A. Murwani, “Hubungan Kualitas Tidur Dengan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VII Dan VIII,” JURNAL KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES RI PANGKALPINANG, vol. 8, no. 2, p. 107, Dec. 2020, doi: 10.32922/jkp.v8i2.187.
H. N. Kholiza, “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Konsentrasi Belajar Di Kelas 8,” Sindoro Cendikia Pendidikan, vol. 5, no. 6, 2024, doi: 10.9644/sindoro.v4i5.3317.
T. Adelia, T. Fauzi, and A. Arizona, “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di SMA Negeri 6 Prabumulih,” Jurnal Wahana Konseling, vol. 4, no. 1, pp. 35–45, Mar. 2021, doi: 10.31851/juang.v4i1.5153.
N. Fadhilah, A. Salam, L. Trisasmita, M. A. Mansur, and N. Jafar, “Gambaran Kebiasaan Sarapan dan Durasi Tidur pada Remaja Status Gizi Lebih di SMP Muhammadiyah Limbung,” The Journal of Indonesian Community Nutrition, vol. 12, no. 2, 2023.
I. P. Sari, E. Afriyanti, and E. Oktarina, Kecanduan Gadget Dan Efeknya Pada Konsentrasi Belajar, 1st ed. Indramayu: Penerbit Adab, 2023
DOI: https://doi.org/10.37058/nsj.v4i1.16644
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Nutrition Scientific Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.