Penggunaan metode ceramah dengan media teka teki silang terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang siswa sekolah dasar

Syelin Alifmalia, Ai Sri Kosnayani, Dika Betaditya

Abstract


Status gizi siswa Sekolah Dasar (SD) masih menjadi salah satu masalah kesehatan di Indonesia. Pengetahuan gizi anak menjadi faktor penting yang berpengaruh terhadap status gizi, karena pengetahuan tentang gizi anak akan membentuk perilaku anak saat menentukan memilih, dan membeli makanan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pendidikan gizi dengan menggunakan metode ceramah dibantu media Teka Teki Silang (TTS) terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang siswa kelas V dan VI SDN Sukahening Kabupaten Tasikmalaya. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi-experimental dengan rancangan without control group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas V dan VI yang berusia 10-14 tahun sebanyak 88 orang. Hasil dari penelitian yaitu menunjukkan bahwa ada peningkatan signifikan pada tes pengetahuan gizi seimbang dengan nilai selisih post-test dan pre-test sebesar 1,0. Hasil Uji beda menggunakan Wilcoxon bernilai 0,00 (p value <0,05) menunjukkan adanya perbedaan nilai pengetahuan gizi seimbang sebelum dan sesudah pendidikan gizi seimbang. Kesimpulan penelitian ini ada pengaruh penggunaan metode ceramah dengan media TTS terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang. Saran penelitian yaitu diharapkan untuk memperhitungkan estimasi waktu dan kendala-kendala yang mungkin terjadi.

Keywords


balanced nutrition; crossword puzzle; lecture; nutrition; knowledge; ceramah; gizi seimbang; pendidikan gizi; teka-teki silang

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37058/nsj.v3i1.8167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Nutrition Scientific Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stat View MyStat