PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA

Vepi Apiati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan Bahan Ajar Matematika SMA dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik dan disposisi matematik siswa. Prosedur pengembangan bahan ajar meliputi tahap pendahuluan, pengembangan dan uji coba. Bahan ajar disusun berdasarkan kesulitan yang dialami oleh siswa dalam materi matriks. Isi bahan ajar meliputi ilustrasi masalah yang disertai dengan gambar, pertanyaan yang bisa membimbing siswa untuk memahami definisi setiap indicator, dan soal yang melatih pemahaman siswa yang sudah terbentuk. Bahan ajar disusun berdasarkan kesulitan yang dialami oleh siswa dalam materi matriks. Isi bahan ajar meliputi ilustrasi masalah yang disertai dengan gambar, pertanyaan yang bisa membimbing siswa untuk memahami definisi setiap indicator, dan soal yang melatih pemahaman siswa yang sudah terbentuk. Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa sebesar 63,8% dan berada pada kriteria sedang. Disposisi matematika siswa berada pada kritria sedang dengan nilai rata-rata 63,81.

Full Text:

PDF 270-273

References


Danoebroto, Sri Wulandari (2008). Improving Problem Solving Skill Using The PMRI and Metacognitive Training. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Nomor 1, Tahun XI, 2008

Depdiknas (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Permendiknas) Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Depdiknas.

Soedjadi, R. (1999). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono (2010) Metode Penelitian Kualitatif & RND. Bandung Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.

Wijaya, Ariyadi (2012). Pendidikan Matematika Realistik – Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v3i2.339

Article Metrics

Abstract view : 487 times
PDF 270-273 - 1391 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License