KAJIAN LEARNING OBSTACLE MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI DALAM PERKULIAHAN KAPITA SELEKTA SEKOLAH MENENGAH

Siska Ryane Muslim, Eva Mulyani, Mega Nur Prabawati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya learning obstacle khususnya epistemological obstacle yang dialami mahasiswa dalam mempelajari konsep trigonometri khususnya perbandingan trigonometri. Hal ini terlihat dari banyaknya mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menggunakan pengetahuan yang telah dimilikinya ketika dihadapkan pada permasalahan yang berbeda. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan menghasilkan sebuah desain didaktis alternatif yang diharapkan dapat mengatasi atau meminimalisisr kesulitan atau hambatan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu pengujian instrument, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahamahasiswa jurusan pendidikan matematika universitas siliwangi, dan tempat dilaksanakannya penelitian ini adalah di universitas siliwangi jurusan pendidikan matematika.

Full Text:

PDF 274-281

References


B. Cornu -O. Tall ( Ed ). “Anvanced Mathematical Thinking”. (Drodrecht : Kluwer Academic Publisher, 1991 ). 153-166 .

DeVaus, D.A. (2001). Research Design In Social Research. [Online]. Tersedia: http://www.tim.ethzch/education/courses_fs_2012/course_docsem_fs_2012/Literature/14_deVaus_Forschungdesign [11 Mei 2016]

Harsono. (2006). “Kearifan dalam Transformasi Pembelajaran: Dari Teacher-Centered ke Student-Centered Learning”. Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia. 1,(1).

Lidinillah, D. A. M. (2011). Educational Design Research : a Theoretical Framework for Action. [Online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/KDTASIKMALAYA/DINDIN_ABDUL_MUIZ_LIDINILLAH_(KD-TASIKMALAYA).pdf.[11 Mei 2016].

Nisa, Titin Fardatun, skripsi : “Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari Surabaya dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Bangun Ruang”. (Surabaya: UNESA, 2010).

Suryadi, D. (2011). Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. [Online]. Tersedia: http://repository.upi.edu/operator/upload/pros_uiuitm_2011_didi_didactical_design_research.pdf [11 Mei 2016




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v3i2.341

Article Metrics

Abstract view : 611 times
PDF 274-281 - 595 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License