MARGINALISASI DAN MASKULINITAS LAKI-LAKI DALAM BUKU “SAH” BERDASARKAN MODEL THEO VAN LEEUWEN

Teti Sobari, Nina Nurhasanah

Abstract


Ideologi yang terkandung dalam wacana akan memunculkan perasaan yang beragam dari pembaca terhadap wacana yang ditampilkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara tokoh laki-laki dimarginalkan dalam buku “SAH” dan untuk mengetahui keterkaitan sikap laki-laki yang dimarginalkan dengan maskulinitasnya yang terdapat dalam buku “SAH”. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan cara menganalisis data kalimat berupa ucapan dan penjelas prilaku tokoh laki-laki dalam cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh laki-laki dalam cerita tersebut dimarginalkan dengan model inclution. Sisi maskulin yang muncul berdasarkan sikap laki-laki yang tergambar dalam cerita dapat terungkap bahwa laki-laki yang maskulin menghindari sikap-sikap yang mengarah pada feminisme, senang menarik diri apabila merasa terkekang, senang berganti pasangan, diam dalam mengahdapi masalah, dan merasa bebas. Dengan demikian, alasan laki-laki dimarginalkan ternyata tidak lepas dari sisi maskulin laki-laki itu sendiri.

Full Text:

PDF 33-40

References


Budiwati, T.R.2011. Representasi Wacana Gender dalam Ungkapan Berbahasa Indonesia dan Bahasa Inggris: Analisis Wacana Kritis. Jurnal Kawistara. 1 (3). 213-320.

Darma, Y.A.2013. Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya.

Demartoto, A. 2010. Konsep Maskulinitas Dari Jaman Ke Jaman Dan Citranya Dalam Media. Jurnal Jurusan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNS Surakarta. 1-11.

Derana, G.T.(2016).Bentuk Marginalisasi Terhadap Perempuan Dalam Novel Tarian Bumi Karya Oka Rusmini.Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 2 (2).166-171.

Eriyanto. 2011. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKIS Group.

Gray.2009.Men Are From Mars Women Are From Venus.Jakarta:Gramedia

Komunitas Nikah Asik.2016. S.A.H (Sudahi atau Halalkan). Jakarta: Wahyu Kolbu.

Mardikantoro, H.B.(2014).Analisis Wacana Kritis pada Tajuk (Anti) Korupsi di Surat Kabar Berbahasa Indonesia. Jurnal Litera.hlm.13(2). 215-225

Noviana, R. 2016. Maskulinitas dalam Novel. Tersedia [Online] di http://repository.umy.ac.id/bitstrea. Diakses pada 19 Desember 2017. Pkl.20:27 WIB.

Oktavia, Y. dan Frangky, S. 2016. Implementasi Analisis Wacana Kritis Perspekstif Leeuwen dalam Berita Politik Surat Kabar Padang Ekspres terhadap Pembelajaran Bahasa Berbasis Teks. Jurnal Belajar Bahasa. 1 (2). 201-213.

Prakasa, S. J. 2015. Komunikasi dan Gender: Perbandingan Gaya Komunikasi dalam Budaya Maskulin dan Feminim. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi. V (I). 19-30.

Sondakh, P.C. Maskulinitas di Majalah Pria: Studi Semiotika Terhadap Rubrik Rupa di Majalah Men’s Health Indonesia. Jurnal E-Komunikasi. 2(2).1-12.

Wibowo. A.2013. Pemaknaan Maskulinitas (Kajian Sosiologis tentang Pemaknaan Maskulinitas Laki-laki di Kota Surakarta).Tesis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats