STANDAR PROSES PENDIDIKAN NASIONAL: IMPLEMENTASI DAN ANALISIS TERHADAP KOMPONEN GURU MATEMATIKA PADA SALAH SATU SMP DI KABUPATEN BANDUNG BARAT

Nurfadilah Siregar, Nani Ratnaningsih

Abstract


Penelitian ini berutjuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi standar proses pendidikan nasional di salah satu sekolah menengah pertama yang berada di Kabupaten Bandung Barat. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komponen guru matematika terkait dengan kompetensi dalam kinerjanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan angket penilaian kinerja yang berisi 20 pernyataan dengan masing-masing 4 pilihan jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum SMP IT Fithrah Insani telah menjalankan standar proses pendidikan dengan baik dan berkesinambungan, dalam hal ini prinsip pembelajaran yang sesuai dengan peraturan pemerintah. Hal lain yang diperoleh dari penelitian ini adalah dilihat dari kinerja guru matematika, secara keseluruhan memiliki performa yang sangat baik.


Full Text:

PDF

References


Rineka Cipta.

Barizi, A. 2009. Menjadi Guru Unggul. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 tentang Standar Pendidikan Nasional.

Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses.

Permendiknas No. 22 Tahun 2006

Sanjaya, W. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumaiyah, E. 2010. Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu di Smp Islam Terpadu PAPB Pedurungan Semarang. Skripsi pada Institut Agama Islam Negeri Walisongo, Semarang. Tidak diterbitkan.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wardhani, S. 2008. Analisis SI dan SKL Mata pelajaran matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata pelajaran matematika. P4TK Yogyakarta.

Yusuf, S.L.N. 2012. Perkembangan Peserta Didik: Mata Kuliah Dasar Profesi (MKDP) Bagi Para Mahasiswa Calon Guru di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Jakarta: Rajawali.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v5i1.743

Article Metrics

Abstract view : 1012 times
PDF - 305 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License