EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK MAHASISWA

Yeni Heryani, Ratna Rustina

Abstract


Penelitian ini menerapkan model Reciprocal Teaching. Ada beberapa tujuan penelitian ini. Pertama,untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik mahasiswa yang lebih  baik  antara  yang menggunakan  model  Reciprocal  Teaching  dengan  yang  menggunakan model pembelajaran langsung, kedua untuk mengetahui efektifitas penggunaan model Reciprocal Teaching  terhadap  peningkatan kemampuan  berpikir  kreatif  matematik  mahasiswa  serta  yang ketiga untuk mengetahui kemandirian belajar mahasiswa pada proses pembelajaran dengan menggunakan model Reciprocal Teaching. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Angkatan 2013-2014 dan peneliti mengambil 2 kelas dari 5 kelas untuk dijadikan sampel penelitian.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi soal tes kemampuan berpikir kreatif matematik mahasiswa serta angket kemandirian mahasiswa.Analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata.   Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik mahasiswa yang menggunakan model Reciprocal Teaching lebih baik dari dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung, penggunaan model Reciprocal Teaching   efektif   terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik mahasiswa serta   kemandirian belajar mahasiswa pada proses  pembelajaran  dengan  menggunakan  model  Reciprocal  Teaching  berada  pada  kategori sedang.

 Kata Kunci : Model Reciprocal Teaching, Kemampuan berpikir kreatif matematik, Kemandirian belajar mahasiswa.


Full Text:

PDF 117-123

References


Azwar, Saifuddin (2014). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Momon, Sudarma. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada

Ratnaningsih, Nani. (2007). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Serta Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas.Disertasi: Program Studi Pendidikan MatematikaSekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan IndonesiaBandung. Tidak Diterbitkan.

Rusman.(2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Bandung. PT Rajagrafindo Persada

S, Hasanah dkk (2012).Pembelajaran Model Reciprocal Teaching Bernuansa Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis [Online]. Tersedia: http//journal.ac.id/sju/index.php/ujmer/ article/view/650/630. Pdf [5 Agustus 2015]

Sumarmo, Utari. (2014). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematika serta Pembelajarannya.Makalah pada seminar Pendidikan Matematika.FPMIPA Universitas Padjajaran. Bandung.

Trianto (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Surabaya : Prestasi Pustaka Publisher

Trianto (2013).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Grup




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v2i2.92

Article Metrics

Abstract view : 172 times
PDF 117-123 - 180 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License