PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN SOFTWARE MAPLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEPERCAYAAN DIRI MATEMATIS MAHASISWA

Eva Mulyani, Ike Natalliasari

Abstract


Penelitian ini menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Software Maple. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantaun Media Software Maple terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa dan mengetahui kepercayaan diri mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantaun Media Software Maple. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi angkatan 2014/2015, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kalkulus 2 sebanyak dua kelas. Kelas yang pertama dijadikan sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Media Software Maple dan kelas yang kedua dijadikan kelompok kontrol yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) tanpa media Software Maple. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa dan angket kepercayaan diri mahasiswa. Analisis data yang digunakan yaitu uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran koperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media software maple terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa. Kepercayaan diri mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran koperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media software maple termasuk ke dalam kategori tinggi.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps), Software Maple,, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, dan Kepercayaan Diri


Full Text:

PDF 111-116

References


Kariadinata, R. 2010. Penerapan Media Pembelajaran Multimedia.EDUCARE:Jurnal Pendidikan dan Budaya. 01. [Online]. Tersedia: http://educare.efkipunla.net.

Lie, A. 2008. Cooperative Learning (Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang kelas). PT Grasindo. Jakarta.

Ruseffendi, E. T. 2010. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. PT Tarsito. Bandung.

Sabandar, J. 2008. Thinking Classroom dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. Makalah pada Seminar Matematika. Bandung.

Suherman, E. Dkk 2001. Strategi Pembelajaran Matematisa Kontemporer. JICA Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Bandung




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v2i2.91

Article Metrics

Abstract view : 246 times
PDF 111-116 - 230 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License