Implementasi Bahan Ajar Berbasis Masalah pada Perkuliahan Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar

Yeni Heryani, Ratna Rustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bahan ajar berbasis masalah pada mata kuliah kapita selekta matematika pendidikan dasar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Angkatan 2016 dan peneliti mengambil 1 kelas untuk dijadikan subjek penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa penggunaan bahan ajar berbasis masalah dalam perkuliahan Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar efektif, karena 72% mahasiswa memperoleh nilai paling sedikit 70.

 

 


Full Text:

PDF

References


Fogarty, R. (2002) Problem Based Learning and Other Curriculum Models for the Multiple Intelligences Classroom. Australia: Hawker Brownlow Education

Ibrahim, M. & Nur, M. (2000) Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya. UNESA University Press

Ismail. (2002). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based lnstruction).Makalah disajikan pada pelatihan TOT pembelajaran kontekstual. Surabaya.

Siddiq, D, dkk. (2008). Pengembangan Bahan Ajar SD. Jakarta : Depdiknas

Sumarmo, Utari. (2014). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematika serta Pembelajarannya. Makalah pada seminar Pendidikan Matematika. FPMIPA Universitas Padjajaran. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v4i2.418

Article Metrics

Abstract view : 132 times
PDF - 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License